Bersyukur Wajah Pacar Pas-pasan, Pria Ganteng Lebih Rentan Selingkuh

Abadikini.com – Ketika menjalani sebuah hubungan, godaan untuk berselingkuh bagi sebagian orang mungkin cukup besar. Banyak alasan yang diungkapkan mengapa mereka berselingkuh. Banyak pria selingkuh karena mereka merasa terancam, sedangkan wanita berselingkuh karena merasa diabaikan oleh pasangannya.

Meski bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi perselingkuhan paling banyak ditemukan, dilakukan oleh laki-laki dibanding perempuan. Dan potensi untuk tertangkap basah oleh pasangan jauh lebih besar. Hal ini berbanding terbalik jika wanita yang melakukannya. Biasanya, wanita dinilai lebih pandai menyimpan perselingkuhannya.

Dilansir laman worldofbuzz, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa pria tak pandai menangkap basah pasangannya yang berselingkuh. Sedangkan wanita dapat dengan mudah mengetahui apakah pria yang mereka kencani setia atau tidak hanya dengan melihat wajahnya.

Terdengar tak adil bukan? Namun sayangnya hal itu benar adanya. Sebuah percobaan untuk membuktikan hal tersebut dilakukan di University of Western Australia. Melibatkan 1.500 responden, peneliti mencoba menunjukkan 189 gambar orang dewasa Kaukasia (101 pria dan 88 wanita).

Selanjutnya setelah melihat gambar tersebut responden diminta menebak apakah orang-orang yang mereka lihat bersikap setia pada pasangannya.

Responden kemudian juga diminta untuk merunutkan 10 besar dengan penilaian.’tidak setia’, ‘cukup setia’, dan ‘sangat mungkin’.

Hasil survei yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science, tersebut menunjukkan bahwa baik pria maupun wanita dapat secara akurat mampu menilai kemungkinan pria untuk menipu dan menarik seseorang yang terikat secara romantis. Sebaliknya, wanita tidak dapat ditebak.

Lebih lanjut penelitian itu juga menyebut bahwa 70 persen orang dari 50 budaya yang berbeda mengakui bahwa mereka telah berselingkuh, sedangkan 60 persen mengatakan hubungan mereka berhasil.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka tidak mengharapkan hasil ini.  Dilaporkan bahwa pria mampu mendeteksi pria selingkuh lainnya, tetapi hal ini tidak berlaku bagi wanita. Mereka tidak bisa menilai apakah wanita lain berselingkuh atau tidak.

“Secara bersama-sama, pria dan wanita menunjukkan akurasi di atas kemungkinan untuk wajah pria tetapi tidak untuk wajah wanita.  Karena itu, ketidaksetiaan yang dirasakan mungkin memang mengandung inti kebenaran di wajah laki-laki,” tulis para ilmuwan.

Lalu apa yang menyebabkan insting wanita lebih tajam untuk mengetahui prianya berselingkuh? The Guardian menulis bahwa ternyata pria dengan wajah lebih maskulin dan tampan, cenderung dicurigai wanita sebagai pribadi yang pandai menipu dan berselingkuh.

“Meskipun pria memiliki penampilan lebih menarik, justru wanita menilai kecenderungan mereka untuk tidak setia, dan berpotensi terlibat perselingkuhan,” ditulis dalam penelitian tersebut.

Terlepas dari temuan itu, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam laporan itu memperingatkan meski pria yang Anda taksir terlihat tampan dan tanpa cela, sebaiknya Anda menghidupkan alarm waspada dan sebaiknya hindari  langsung mengambil kesimpulan pada kencan pertama.

  • 2
    Shares
Editor
Selly
Sumber Berita
VIVA
Topik Berita

Baca Juga

WordPress › Galat

The site is experiencing technical difficulties.