Alumni Universitas Andalas ini Nyaleg dari Partai Bulan Bintang

Abadikini.com, PESISIR SELATAN – Ingin terlibat langsung untuk mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan merupakan motivasi Irvan Guswandi, ST untuk maju ke parlemen dalam pileg 2019 mendatang. Kata dia, maju sebagai caleg bukanlah tanpa alasan tapi berdasarkan berbagai pertimbangan.

“Jauh sebelum saya menyatakan maju sebagai caleg DPRD Kab. Pesisir Selatan saya lebih dahulu meminta pendapat dan saran dari rekan-rekan, teman sejawat, niniak mamak dan bundo kanduang, bahkan saya juga bertanya melalui media sosial,” kata Irvan, Selasa (11/9/2018).

Ia maju sebagai Caleg dari Partai Bulan Bintang dan meraih No. Urut 9 untuk Dapil 2 yang terdiri dari Kec. Tarusan, Kec. Bayang dan Kec. Bayang Utara.

Ketika ia dikonfirmasi oleh wartawan, dia mengaku hanya ingin merubah ekonomi masyarakat dengan menciptakan ekonomi baru di Kabupaten Pesisir Selatan.

Irvan Guswandi

Hari ini, banyak anak nagari yang masih menganggur atau tidak bekerja. Kebanyakan dari mereka akibat tidak adanya lapangan kerja atau rendahnya kreatifitas serta kurang seriusnya pemerintah dalam membina anak nagari yang usia produktif, melalui kebijakan tentu kita ingin merubah itu. Jalurnya, saya harus masuk politik,” sebut laki-laki yang berprofesi sebagai Konsultan Perencanaan dan Pengawasan sejak 2009 – sekarang tersebut.

Menurut dia, dengan kebijakan yang pro kepada masyarakat dan pemuda maka ekonomi masyarakat akan meningkat. Majunya ia ke parlemen guna memperjuangkan hal itu.

“Mungkin akan terlalu berlebihan jika berucap akan kenyataan masyarakat saat ini. Oleh sebab itu, jika saya dipercaya oleh masyarakat nanti maka saya ingin berusaha untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pembangunan yang pro rakyat,” papar Alumni Fakultas Teknik Universitas Andalas tersebut.

Kepada media ini Irvan menuturkan dirinya prihatin atas kondisi masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan. Ekonomi masyarakat yang makin susah ditambah kurang tersedianya lapangan kerja ditengah mencekiknya kebutuhan hidup perlu mendapat perhatian pemerintah melalui kebijakan didaerah.

“Nah, kebijakan itu bukan hanya Bupati atau Wakil Bupati saja tapi juga DPRD. Untuk itulah saya ikut berkompetisi dalam pileg 2019 mendatang melalui Partai Bulan Bintang,” jelas Irvan sambil mengacungkan 9 (sembilan) jari ke udara seolah mengatakan bahwa ia maju di Dapil 2 dari PBB dengan Nomor Urut 9.

Pengalaman sejak 2009 sebagai konsultan dan pengawasan menjadikan dia sebagai pribadi yang terus tumbuh dan berbaur di masyarakat tanpa memandang status sosial seseorang. Hingga kini, ia masih sering duduk dan berkumpul dengan masyarakat di warung atau di pangkalan ojek serta hadir ditiap kegiatan masyarakat.

“Sebetulnya, hal itu sudah sejak dulu saya lakukan. Bahkan tidak sejak saat saya mendapat No. Urut 9 di PBB,” tuturnya sambil tersenyum.

Selain sektor Ekonomi, ia juga ingin berjuang untuk pemerataan pembangunan, SDM, Pendidikan dan Pariwisata serta Budaya

“Kita harus prihatin pada kelangsungan pendidikan anak-anak keponakan kita, banyak anak nagari yang tidak sekolah atau sengaja putus sekolah karena alasan biaya dan memilih membantu orangtua bekerja serabutan, ini perlu dukungan kita semua,” jelasnya.

Selain pendidikan juga soal pembangunan, pariwisata dan budaya. Kesenian Minangkabau dan budaya yang kita miliki di Kab. Pesisir Selatan ini tentu perlu dilestarikan, berbagai sanggar seni budaya perlu digiatkan dan didukung baik dari segi anggaran maupun kegiatannya,” tambah dia.

Lebih lanjut, ketika dikonfirmasi di Padang beberapa waktu lalu ia menjelaskan akan berjuang dan berkarya bersama masyarakat,niniak mamak, cadiak pandai, bundo kanduangdan pemuda serta seluruh elemen yang ada.

Kawan-kawan wartawan dan LSM yang aktif di Kab. Pesisir Selatan juga perlu mengingatkan saya jika saya keliru dalam mengambil keputusan nanti,” pungkasnya. (Risko Mardianto)

Back to top button