Federer Juarai Wimbledon Setelah Kalahkan Marin Cilic di Final

abadikini.com, JAKARTA – Roger Federer merebut gelar Wimbledon 2017 sekaligus gelar Grand Slam ke-19 dalam kariernya setelah mengalahkan Marin Cilic di partai final, Minggu (16/7/2017).

Baca Juga

Federer menang tiga set langsung 6-3, 6-1, dan 6-4. Hasil ini membuat petenis asal Swiss tersebut tak pernah kalah dalam satu set pun dalam perjalanannya di Wimbledon 2017.

Gelar Wimbledon kali ini merupakan yang ke-8 dalam karier Federer sehingga ia menjadi petenis tersukses di turnamen bertipe rumput tersebut. Federer yang pada Agustus nanti berusia 36 tahun, juga menjadi pemenang tertua Wimbledon dalam sejarah tenis era profesional.

Kemenangan ini juga merupakan gelar Grand Slam keduanya di tahun ini setelah di awal 2017 ia memenangi Australia Terbuka.

Federer yang tahun lalu sempat absen bermain enam bulan karena cedera, kemudian memilih tak mengikuti Perancis Terbuka demi menyimpan tenaga agar tampil prima di Wimbledon — keputusan yang kini terbukti tepat.

Antiklimaks

Pertandingan final sendiri berjalan antiklimaks. Cilic yang tampil ngotot di awal-awal set pertama, justru penampilannya semakin menurun sehingga Federer mampu mendapatkan breakpoint di gim ke-5.

Federer kemudian memenangi set pertama dengan nyaman setelah mematahkan servis Cilic di gim ke-9. Suami dari Mirka ini hanya membutuhkan waktu 37 menit untuk mengempaskan Cilic di set pertama.

Di set kedua, Federer langsung tancap gas dengan memenangi gim pertama ketika Cilic mendapatkan giliran servis. Ia kemudian kembali mematahkan servis Cilic di gim ketiga sehingga kedudukan 3-0 untuk Federer.

Di saat itulah Cilic sempat mendapatkan perawatan oleh dokter. Ia sempat menangis dan tampak kesakitan, tapi pada akhirnya melanjutkan permainan.

Marin Cilic sempat mendapatkan perawatan karena mengalami cedera. (REUTERS/Andrew Couldridge)

Dengan kondisi yang tak prima, tidak banyak yang bisa dilakukan Cilic untuk menghentikan laju Federer. Ia menyerah 1-6 di set kedua.

Cilic sempat memberikan perlawanan di awal-awal set ketiga, tapi pada akhirnya Federer bisa kembali mematahkan servisnya di gim ke-7.

Federer pun tak terbendung dan mengakhiri set ketiga dengan skor 6-4. (beng.ak)

Back to top button