“Sedih”, Kementerian Agama Akan Gelar Sidang Isbat Tentukan Lebaran Idul Fitri Hari Ini

abadikini.com, JAKARTA – Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan Lebaran Tahun ini dipridiksi akan jatuh pada Minggu besok. Seperti tahun lalu, ormas-ormas besar sangat mungkin kompak merayakan Idul Fitri pada hari yang sama.

“Bahwa rata-rata tinggi hilal atau bulan muda saat dirukyat nanti sudah di atas 2 derajat, berkisar di 3 derajat,’’ ujar Djamaluddin.

Sebagaimana diketahui biasanya, ketentuan tinggi hilal 2 derajat itu kerap menjadi penyebab perbedaan dalam penentuan datangnya bulan baru. Karena tingginya di atas 2 derajat, tidak akan ada perbedaan dalam menentukan 1 Syawal.

Thomas menjelaskan bahwa, fenomena tinggi hilal bulan muda di atas 2 derajat itu akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan. ”Hingga 2021, sehingga sampai saat itu perayaan Idul Fitri akan berbarengan,” lanjutnya.

Meski demikian, Djamaluddin meminta masyarakat untuk bersabar menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

Sementara Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Muhamad Thambrin kemarin mengatakan tim pemantau atau rukyat hilal telah disebar oleh Kemenag di 77 titik seluruh Indonesia.

”Kemenag menyebar tim pemantau atau rukyat hilal di 77 titik seluruh penjuru Indonesia, sidang isbat ini merupakan perwujudan kekompakan umat Islam di tanah air,’’ jelasnya, Kamis (23/6/2017) kemarin.

Mantan kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan (Kalsel) itu menyatakan, ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Sabtu (24/6) pukul 09.32 WIB atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1438 H. Seperti prediksi Lapan, Thambrin mengatakan bahwa tinggi hilal berkisar 2 derajat sampai 4 derajat.

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa’adi berharap penetapan 1 Syawal kompak antara dua ormas besar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan NU. Kalaupun terjadi perbedaan, dia berharap masyarakat bisa menyikapi dengan dewasa, damai, dan saling menghargai. ’’Kedepankan ukhuwah Islamiyah,’’ harapnya.

MUI juga mengingatkan seluruh umat Islam untuk menyempurnakan ibadah puasa dengan membayar zakat fitrah, zakat mal, infak, wakaf, dan sedekah.

Untuk diketahui Kementerian Agama (Kemenag) akan mengadakan sidang isbat penetapan 1 Syawal pada hari Sabtu, (24/6/2017). Pada Umumnya rasa sedih dan senang sangat dirasakan bagi Umat Islam. sedih karena Ramadhan mubarak akan meninggalkannya dan berharap bisa dipertemukan kembali pada bulan ramadhan tahun yang akan datang. Senang dan gembira karena akan segera merayakan kemenangan, silaturahmi dengan sanak saudara dikampung halaman. (md.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker