Gelar Festival Lailatul Qadar, Ali Ibrahim Bangkitkan Semangat Warga dalam Menjaga Budaya Lokal

Abadikini.com, TIDORE – Ribuan warga masyarakat Kelurahan Gurabati menyemarakkan Pawai Obor keliling kampung sebagai salah satu tradisi malam Lailatul Qadar menjelang Lebaran Idul Fitri. Pawai Obor yang dinamakan Festival Lailatul Qadar tersebut juga dirangkaikan dengan Penyerahan Santunan Pegawai Negeri Sipil Gurabati Peduli Berbagi di Kelurahan Gurabati, Senin (11/6/2018) malam.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim saat menghadiri kegiatan tersebut secara simbolis menyerahkan santunan serta melepas peserta Festival Lailatul Qadar.

Dalam sambutannya, Walikota Ali Ibrahim mengatakan bahwa pelaksanaan Festival  Lailatul Qadar ini merupakan budaya yang harus dipertahankan. “Ini merupakan kearifan lokal yang selama ini hilang begitu saja, dengan adanya kegiatan ini kita bangkitkan kembali semangat dalam menjaga budaya kita” kata Ali lbrahim lewat rilisnya yang diterima redaksi, Selasa (12/67/2018).

Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim saat menyerahkan santunan kepada kaum duafa, Senin (11/6/2018) malam.

Ali Ibrahim pada kesempatan tersebut juga mengapresiasi seluruh PNS Gurabati yang peduli serta berbagi dengan sesama. “Ini merupakan kegiatan yang sangat mulia, apalagi masih dalam momentum bulan suci Ramadhan, kegiatan seperti ini harus sering dilakukan” tutur Ali Ibrahim.

Sementara itu, Drs. Sura Husain dalam laporannya mengatakan kegiatan Pawai Obor atau Festival Lailatul Qadar ini merupakan kegiatan rutin dengan melibatkan seluruh element masyarakat kelurahan Gurabati dengan melakukan pawai obor mengelilingi Kelurahan Gurabati.

Selain pawai obor, dalam momentum bulan suci Ramadhan kali ini seluruh PNS Gurabati secara secara ikhlas sedikit berbagi. Sebanyak 78 orang PNS memberikan sumbangan,  jumlah total yang diperoleh yaitu Rp23.150.000,00. Dari total jumlah tersebut diberikan langsung kepada 63 orang kaum duafa dan anak yatim piatu dalam bentuk uang tunai.

Sura Husain pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, walaupun jumlah yang diberikan mungkin belum memenuhi kebutuhan, tetapi santunan yang diberikan adalah bentuk kepedulian kami dalam berbagi.

Kegiatan ini turut dihadiri, Ketua Tim Penggerak PKK, Sulamah Ali Ibrahim, Para Asisten Setda, Sejumlah Kepala SKPD serta PNS Kelurahan Gurabati. (ak.g)

  • 12
    Shares
Topik Berita

Baca Juga