Tergilas Kejamnya Roda Ekonomi Ibu Kota, Ini 5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah

Abadikini.com, JAKARTA – Kebanyakan orang yang hidup di kota kecil biasanya ingin berpindah ke kota besar setelah lulus sekolah. Lebih tepatnya ingin bekerja di kota besar karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar, misalnya saja Jakarta.

Namun sayangnya rata-rata biaya hidup di kota ini begitu mahal, bahkan di atas rata-rata biaya hidup nasional. Mungkin kamu harus benar-benar mempertimbangkan dulu sebelum memutuskan untuk mengadu nasib di beberapa kota besar di Indonesia.

Namun ada juga beberapa kota di Indonesia yang memiliki taraf biaya hidup yang rendah alias murah. Pertimbangkan untuk mengais rejeki, kuliah, pindah atau sekedar berwisata di kota-kota berikut ini:


1. Probolinggo

Salah satu kota di Jawa Timur yang jaraknya hanya 100 km dari Kota Surabaya ini termasuk kota yang memiliki biaya hidup termurah. Dalam kurun waktu sebulan, sebuah keluarga harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 3,2 juta. Angka ini tentu saja sudah terbilang sangat terjangkau untuk ukuran sebuah keluarga.


2. Singaraja

Kota yang berada di Bali ini juga termasuk sebagai kota dengan biaya hidup murah di Indonesia. Untuk keluarga pada umumnya yang terdiri dari empat orang, biaya hidup yang dibutuhkan sekitar Rp 3,1 juta tiap bulannya. Selama ini Singaraja dijadikan sebagai kota berlibur bagi para wisatawan. Namun biaya hidup yang rendah membuat kota ini juga cocok dihuni secara menetap.


3. Yogyakarta

Kota yang dikenal istimewa ini juga memiliki biaya hidup yang murah. Kota gudeg menyuguhkan beragam kuliner yang murah, mulai dari Rp 5.000. Dengan uang Rp 5.000, kamu sudah bisa mendapatkan makanan yang enak dan layak. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk kuliah di kota ini.


4. Cirebon

Kota yang terkenal dengan udang rebon ini memiliki biaya hidup hanya Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu tiap bulannya. Kamu bisa menemukan penjual nasi kuncing dengan harga Rp 1.500 di kota ini. Namun sayangnya Kota Cirebon tidak banyak memiliki perguruan tinggi, sehingga banyak mahasiswa yang kurang tertarik untuk kuliah di kota ini.

5. Solo

Posisi pertama untuk predikat kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia diraih oleh Kota Solo. Biaya hidup per bulan di kota ini hanya sekitar Rp 500 ribu. Kota dengan jargon The Spirit of Java ini juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Pandawa Water Park dan Keraton Surakarta.

Selain kota-kota tersebut ada juga beberapa daerah di Indonesia lainnya dengan taraf hidup yang murah seperti Purwokerto dan Sibolga. Kamu minat pindah ke daerah-daerah tersebut?

Sumber Berita
Kabarmaya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker