Wow… Pemerintah Arab Saudi dan Vatikan Jalin Kesepakatan Untuk Bangun Gereja??

Abadikini.com, RIYADH – Pemerintah Arab Saudi menyepakati dengan Vatikan untuk membangun gereja di negara jazirah itu. Media Daily Mail melansir ini dari pemberitaan media di Timur Tengah.

“Jika berita ini terkonfirmasi maka perjanjian antara Kardinal Jean-Louis Tauran dan Mohammed Bin Abdel Karim Al-Issa dari Liga Muslim Dunia bakal menjadi kesepakatan bersejarah untuk Saudi,” begitu dilansir media Daily Mail, mengutip media Egypt Independent.

Kardinal Tauran telah mengunjungi Arab Saudi pada April 2018 dan bertemu dengan keluarga kerajaan. Dia mendesak pemerintah Saudi untuk memperlakukan warga negara secara sama meskipun berbeda agama.

Soal ini, Aljazeera dengan melansir media Vatican News mengkonfirmasi adanya deklarasi antara Vatikan dan Saudi. Dalam wawancara degann Vatican News, Kardinal Tauran mengatakan deklarasi ini untuk membuka jalan dialog meskipun dia tidak menyebut secara langsung soal pembangunan gereja di Saudi di masa depan.

“Dalam pertemuan, saya menekankan poin ini bahwa Kristen dan non-Muslim dibicarakan dengan baik di sekolah-sekolah dan tidak dianggap sebagai warga kelas dua,” kata Tauran kepada Radio Vatikan setelah dia kembali dari Saudi.

Saat ini, menurut Daily Mail, tidak ada satupun gereja dibangun di Arab Saudi. Ini menjadikan Arab Saudi sebagai satu-satunya negara yang tidak memiliki bangunan gereja.

Vatikan, sebelumnya, telah menyampaikan kepada pemerintah Saudi agar warga Kristen bisa beribadah di gereja.

Vatikan meminta agar pemeluk agama Kristen di Arab Saudi tidak dianggap sebagai warga negara kelas dua. Hal itu disampaikan langsung oleh Kardinal dari Prancis yang juga Kepala Dewan Vatikan bidang Dialog Lintas Agama, Jean-Louis Tauran, dalam kunjungannya ke Kerajaan Arab Saudi, Kamis, 26 April waktu setempat.

“Saya rasa semua agama menghadapi dua bahaya, yakni terorisme dan pengabaian. Selama pertemuan, saya banyak menekankan pada poin bahwa pemeluk agama Kristen dan non-muslim diterima baik di sekolah-sekolah dan mereka tidak pernah dianggap sebagai warga negara kelas dua, ” kata Tauran usai berdialog dengan Raja Salman dari Saudi, seperti dikutip dari Reuters, Jumat, (27/5/2018). (rafael.ak/reuters)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker