KPU Hari Ini Resmi Membuka Tahapan Pendaftaran Caleg dan Anggota DPD

Abadikini.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon anggota DPR atau calon legislatif (caleg) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Pemilu 2024.

KPU menetapkan waktu pendaftaran caleg dan anggota DPD ini selama 14 hari mulai 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Di tanggal 1 hingga 13 Mei 2023, pendaftaran dibuka mulai Pukul 08.00 sampai Pukul 16.00 waktu setempat.

Sedangkan di tanggal 14 Mei 2023, waktu penutupan pendaftaran caleg dan anggota DPD akan diperpanjang hingga Pukul 23.59 waktu setempat.

Untuk anggota calon DPD, tempat pendaftaran bisa dilakukan di Kantor KPU provinsi atau Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di seluruh Indonesia.

Sedangkan pendaftaran caleg dilakukan di kantor KPU Pusat di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Komisioner KPU RI Idham Khalik menjelaskan bagi partai politik yang ingin mendaftarkan caleg, diminta untuk menghubungi KPU minimal satu hari sebelum pendaftaran.

Menurut Idham hingga Minggu (30/1/2023), belum ada partai politik yang secara resmi mengajukan daftar calonnya kepada KPU.

Idham menyatakaan kepentingan partai politik menyampaikan informasi rencana pendaftaran caleg ini bukan hanya untuk KPU, melainkan juga kepada media massa.

Jika KPU mendapat informasi, pastinya akan diberikan tempat kepada partai politik untuk mengelar konfrensi pers.

“Sampai hari ini belum ada Parpol secara resmi mengajukan daftar calonnya kepada kami. Hari kapan mereka akan menyerahkan itu belum ada, secara resmi belum ada,” ujar Idham di gedung KPU RI, Minggu (30/4/2023). Dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya KPU telah memberikan pengumuman mengenai ketentuan mengenai jadwal, tempat pendaftaran, hingga syarat pendaftaran caleg kepada masing-masing partai politik.

Ketentuan pendaftaran caleg tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman KPU Nomor 19/PL.01.4-PU/05/2023 tentang Pengajuan Bakal Calon Anggota DPR untuk Pemilu Serentak Tahun 2024.

Surat pengumuman itu ditandatangani Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pada 24 April 2023

Sedangkan untuk anggota DPD, KPU telah mengeluarkan pengumuman ketentuan mengenai jadwal, tempat pendaftaran, hingga syarat pendaftaran anggota DPD kepada bakal calon anggota DPD yang dinyatakan telah memenuhi syarat jumlah dukungan Pemilih dan sebaran.

Pengumuman yakni Pengumuman KPU Nomor 18/PL.01.4-PU/05/2023 tentang Pendaftaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah untuk Pemilu Serentak Tahun 2024.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker