Ini Dia Sosok Pendiri Masjid Al Aqsa di Yerusalem

Abadikini.com, JAKARTA – Masjid Al Aqsa yang terletak di Yerusalem kini menjadi sorotan setelah pasukan Israel menyerbu tempat ibadah tersebut dan menyerang jemaah pada hari Rabu (5/4).

Pasukan Israel diketahui melakukan serangan dua kali di waktu subuh dan malam di hari yang sama.

Masjid Al Aqsa berada di kompleks Temple Mount atau Haram Al Sharif di Kota Tua Yerusalem dan kerap kali menjadi titik perselisihan Israel dan Palestina.

Terlepas dari fakta tersebut, banyak yang penasaran siapakah pendiri Masjid Al Aqsa?

Melansir dari Middle East Eye, Masjid Al Aqsa dibangun oleh khalifah kedua Islam, Omar ibn al-Khattab setelah penaklukan di Levant.

Namun, menurut sejarah bangunan asli Masjid Al Aqsa sudah tidak ada karena pada abad ke-6 pernah terjadi gempa bumi di kawasan Jazirah Arab yang menghancurkan masjid itu.

Salah satu masjid terpenting di dunia dan bersejarah itu akhirnya kembali dibangun pada zaman dinasti Umayyah. Kemudian Masjid Al Aqsa direstorasi kembali dengan gaya arsitektur bangunan mengikuti abad pertengahan di era dinasti Abbasiyah.

Pada sekitar kompleks Masjid Al Aqsa terdapat beberapa situs suci bersejarah lain yang masih dilestarikan seperti Jami Al Aqsa dan Kubah Shakhran.

Konflik antara Israel dan Palestina di sekitaran Masjid Al Aqsa masih terus berlangsung dari dulu sampai sekarang dan tidak dapat terhindarkan.

Meskipun sering menjadi lokasi bentrok antara Israel dan Palestina, suasana di sekitar Masjid Al Aqsa kondusif, aman, dan nyaman sehingga para jemaah bisa beribadah serta berziarah lebih khidmat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker