Hamas dan Jihad Islam Kutuk Penyerangan di Area Ibadah Masjid Al Aqsa

Abadikini.com, GAZA – Kelompok Palestina Hamas dan Jihad Islam mengutuk serangan tiba-tiba Israel di Bab Al Rahma, atau Gerbang Rahmah, area ibadah di Masjid Al Aqsa di wilayah pendudukan Yerusalem Timur.

Berita media Palestina mengatakan pasukan Israel merusak perlengkapan lampu dan sistem kelistrikan selama serangan tersebut pada Sabtu (22/4/2023) waktu setempat saat umat Muslim merayakan Idul Fitri, perayaan menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Hazim Qasim, juru bicara Hamas, mengatakan serangan itu merupakan lanjutan “perang agama Israel atas situs suci di Yerusalem”

Perjuangan mempertahankan “identitas Arab-Islam” dari Masjid Al Aqsa akan terus berlanjut tanpa terpengaruh, kata Qasim dalam pernyataan tertulis.

Juru bicara Jihad Islam Tarek Silmi mengatakan serangan itu adalah salah satu agresi dalam “perang terhadap Masjid Al Aqsa,”

“Upaya oleh administrasi pendudukan (Israel) untuk menguasai masjid tidak akan pernah berhasil,” kata Silmi.

Sebelumnya masih pada April, pasukan Israel menyerbu komplek Masjid Al Aqsa dan mengusir umat Muslim yang sedang beribadah, meningkatkan ketegangan di seluruh wilayah Palestina.

Penyerbuan itu memicu serangan roket dari Jalur Gaza dan Lebanon, yang kemudian dibalas Israel dengan serangan udara.

Bagi Muslim, Al Aqsa mewakili situs paling suci ketiga di dunia. Yahudi menyebutnya Bukit Bait Suci, mengatakan tempat itu merupakan situs dua kuil Yahudi kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur saat Perang Arab-Israel 1967. Israel kemudian menganeksasi seluruh kota pada 1980, sebuah langkah yang tidak diakui masyarakat internasional.

sumber: Anadolu

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker