RKPD Kota Tidore, Ali Ibrahim: Jangan Lupakan Program Skala Prioritas

Abadikini.com, TIDORE – Penyelengaraan Forum konsultasi publik penyusunan rancangan awal RKPD ini merupakan momen yang sangat strategis dan penting untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis, terutama permasalahan yang terjadi saat ini. Kata Ali Ibrahim mengawali sambutannya pada acara pembukaan  Forum Konsultasi Publik Rencana Awal Keja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024. Di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore, Rabu (21/12/2022).

Walikota Tidore Kepulaun Capt. H. Ali Ibrahim juga menyampaikan penyusunan Rancangan Awal RKPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 mengacu pada RPJMD Kota Tidore Kepualaun tahun 2021–2026.

Penyusunan Output dari konsultasi publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“kepada pimpinan dan aparatur di OPD serta seluruh stekholder dalam penyusunan  RKPD tahun 2024 ini untuk berpikir terbuka, memiliki visi kedepan, terintergratif dan inovatif. terus meningkatkankan dan tetap mempertahankan prestasi yang ada” Ucap Ali Ibrahim.

Ali juga tidak lupa mengingatkan tentang program prioritas serta program dari Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan. “jangan sampai terlupakan program-program skala prioritas, seperti stunting dan kemiskinan yang punya perhatian khusus. pada dinas-dinas terkait untuk saling berkoordinasi agar semuanya kena pada sasaran, dan juga Program dari Pkk dan dwp  itu juga penting karena mereka turun langsung ke lapangan untuk kesejahteraan masyarakat,” Tutup ali.

Mengakhiri sambutannya Ali berharap penyusunan perencananan yang termuat dalam rancangan awal RKPD pemrintah daerah  ini betul-betul di laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan skala prioritas dan kebutuhan.

Sementara Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tidore Kepulauan Abdul Rasyid Fabanyo pada laporannya menyampaikan berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Abdul Rasyid menjelaskan esensi pelaksanaan konsultasi public ini adalah menampung dan menyerap masukan-masukan dari segenap pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2024.

“secara umum tujuan dari forum ini adalah menganalisa permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah, yang kemudian akan dituangkan ke dalamn penandatangan berita acara kesepakatan forum konsultasi public sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tidore Kepualaun tahun 2024” Jelas Abdul Rasyid

Dia juga menambahkan tahapan penyusunan RKPD membutuhkan komitmen dan keseriusan semua pihak , untuk itu abdul berharap semua pihak dapat bekerjasama agar dokumen ini dapat selesai tepat waktunya.

Turut hadir pada acara tersebut Narasumber Forum Konsultasi Publik DR. Husnullah Pangeran, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda, Para Pimpinan OPD, Para Camatb dan Lurah SeKota Tidore Kepulauan, Pimpinan Ormas, dan Insan Pers.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker