Nyanyikan Lagu ‘Ojo Dibandingke’ di Istana Farel Prayoga Jadi Sorotan

Abadikini.com, JAKARTA – Sosok Farel Prayoga menjadi terkenal usai membawakan lagu Ojo Dibandingke di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Istana Merdeka Rabu (17/8/2022).

Farel Prayoga bahkan menjadi populer dalam waktu beberapa jam saja setelah dirinya tampil. Hal ini karena sosoknya yang dianggap sukses membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) full senyum hingga kabinet Indonesia Maju yang ikut berjoget.

Dibalik kepopuleran itu, ternyata ada makna lagu tersendiri dari Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir. Lagu Ojo Dibandingke dibawakan oleh Farel Prayoga, sedangkan Joko Tingkir adalah lagu yang di-request oleh Presiden Jokowi, tapi lagu itu tak jadi dinyanyikan Farel.

Membuka sedikit perihal makna lagu tersebut, mari lihat apa sih sebenarnya makna lagu Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir yang populer di Hari Kemerdekaan Indonesia. Simak di bawah ini ya!

Lagu Ojo Dibandingke merupakan lagu yang awalnya dinyanyikan oleh Abah Lala bersama Denny Caknan. Lagu ini langsung viral setelah dinyanyikan oleh Farel Prayoga di Istana Merdeka.

Makna lagu ini adalah Jangan Dibandingkan. Di mana liriknya memiliki cerita tentang curhatan hati seseorang yang merasa tidak punya apa-apa untuk dibandingkan dengan orang lain.

Dirinya merasa kalah dan merendah diri bahwa tidak mungkin bersaing dengan orang lainnya. Sebab, dirinya merasa tidak punya apa-apa, tetapi dia hanya memiliki rasa cinta yang besar.

Lagu ini juga menceritakan sosok yang ingin mengungkapkan isi hatinya kepada seseorang yang dia cintai begitu dalam. Di mana ia sudah memberikan sepenuh hatinya, tapi perjuangannya seakan tidak dihargai.

Lagu Joko Tingkir ini awalnya merupakan request dari Presiden Joko Widodo setelah Farel menyanyikan lagu Ojo Dibandingke. Jokowi merasa ingin melihat penampilan Farel lagi dan meminta tambah lagu Joko Tingkir, tapi hal itu justru diurungkan.

Lantas apa sih makna lagu Joko Tingkir? Lagu ini mencerminkan Jaka Tingkir, seorang Raja Pajang menantu Sultan Trenggono yang melahirkan ulama besar di tanah Jawa.

Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet sendiri tidak diketahui siapa yang menjadi penulisnya. Tetapi lagu ini sudah populer setelah dicover oleh berbagai penyanyi Indonesia, seperti Denny Caknan, Nella Kharisma, Happy Asmara, termasuk Farel Prayoga.

Meskipun populer, lagu ini menimbulkan banyak pro dan kontra. Mulai dari nada yang enak didengar dan makna mengetahui tidak usah memikirkan hal yang membuat kepala pusing serta tetap semangat bekerja dan pantang mundur.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker