MotoGP Pensiunkan Nomor 46 Milik Valentino Rossi

Abadikini.com, JAKARTA – Nomor 46 milik Valentino Rossi resmi dipensiunkan oleh MotoGP. Acara dipensiunkan nomor kebanggaan Rossi berlangsung di Sirkuit Mugello, jelang MotoGP Italia 2022, hari ini Sabtu (28/5).

The Doctor, julukan Rossi, pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 setelah pertama kali berlaga di kejuaraan dunia grand prix pada tahun 1996. Selama 26 musim dia berlaga, nomor 46 selalu menemaninya.

Termasuk dalam memenangkan sembilan gelar dunia di kelas 125cc, 250cc dan MotoGP (tujuh di antaranya di kelas utama). Serta 115 grand prix yang 89 di antaranya didapat dari kelas utama.

Sebenarnya, Rossi sempat berkata tidak mau nomor balapnya ini dipensiunkan. Dia lebih ingin ada pembalap lain yang memakainya di kemudian hari.

“Tentang nomor saya, menurut saya, kesan pertama saya adalah saya tidak suka 46 dipensiunkan. Saya lebih suka itu tetap dan jika beberapa pembalap lain ingin mengambil nomor itu, mereka bisa,” kata Rossi tentang masalah itu pada tahun 2016.

Namun dari pihak MotoGP menganggap nomor itu dengan nama Rossi sudah sangat identik. Jadi, siapapun pembalap yang menggunakannya nanti tentu tak bisa mengalahkan kebesaran namanya Rossi.

Akhirnya acara peresmian dipensiunkannya nomor 46 milik Rossi digelar di sela-sela sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan FP4 MotoGP Italia 2022 pada malam nanti. Di acara tersebut, Valentino Rossi turut hadir di depan jutaan pendukung yang mengenakan atribut serba kuning.

Dengan ini, Rossi menjadi pembalap kesembilan sepanjang masa yang nomornya dipensiunkan.

Terhitung ada delapan nomor balap yang sudah dipensiunkan, yakni 34 (Kevin Schwantz), 74 (Daijiro Kato), 48 (Shoya Tomizawa), 65 (Loris Capirossi), 58 (Marco Simoncelli), 69 (Nicky Hayden), 39 (Luis Salom), dan #0 (Jason Dupasquier).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker