Trending Topik

Ini Dia Sniper Elite TNI Yang Mengamankan Nyawa Presiden Jokowi Saat Kunker ke Kalimantan

Abadikini.com, JAKARTA – Sebagai seorang kepala negara pengamanan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentu harus diperhatikan dengan serius. Mulai dari Paspampres, Pasukan TNI hingga Polisi dituntut untuk menjaga orang nomor satu di Indonesia itu.

Baru-baru ini Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berjalan tanpa halangan apapun. Namun sebuah fakta terungkap bahwa dibalik itu semua ada pasukan elite Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada sangat dekat untuk menjaga keamanan mantan Gubernur DKI tersebut.

Diketahui Jokowi bertolak ke Kalimantan Barat pada Rabu 8 Desember 2021 lalu. Beberapa kegiatannya adalah meninjau korban banjir di Kabupaten Sintang, dan meresmikan Bandara Tebelian.

Kegiatan Presiden RI bisa berjalan tanpa hambatan apapun, hingga kembali ke Jakarta. Ternyata, ada peran penting sejumlah prajurit TNI yang senantiasa siaga menjaga keamanannya.

Mengutip dari laman viva militer, Jumat (10/12/2021) pasukan yang menjaga Jokowi selama kunker di Kalimantan Barat berasal dari Batalyon Komando 465/Brajamusti (Yonko 465/Paskhas).

Yonko 465/Paskhas mengerahkan sejumlah prajurit andalannya yang tergabung dalam Satuan Setingkat Kompi (SSK), dengan tugas Pengamanan VVIP Presiden RI.

Pasukan Yonko 465/Paskhas disebar ke sejumlah titik pengamanan tugas dengan tiga peran. Yang pertama adalah Tim Pengamanan dan Penyelamatan (Matan) Presiden RI di VIP Room Bandara Supadio, Pontianak, dan Tim Sniper (penembak runduk), serta Pengamanan Pangkalan.

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Komandan Batalyon 465/Paskhas (Danyonko 465/Paskhas), Letkol Pas Wisnu Budhi Saputro.

“Batalyon Komando 465/Paskhas mengerahan satu SSK yang terbagi dalam beberapa spot pengamanan tugas,” terang Danyonko 465/Paskhas.

“Tim Sniper, Tim pengamanan dan penyelamatan (Matan) Presiden RI di VIP Room Bandara Supadio, serta pengamanan Pangkalan. Kami berharap kunjungan Bapak Presiden ini bisa berjalan dengan lancar dan aman,” katanya.

Seperti diketahui, Yonko 465/Paskhas merupakan salah satu pasukan elite berkualifikasi Para Komando, yang berada di bawah kendali Wing 3 Paskhas/Harda Marutha.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker