Ketua PBB Lombok Tengah Klaim Telah Miliki Dukungan 4 Parpol Untuk Maju di Pilkada 2024

Abadikini.com, LOTENG – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Legewarman memiliki tagline atau slogan dalam upayanya mencalonkan diri sebagai calon Bupati Lombok Tengah pada Pilkada 2024 November mendatang.

“Memang solusinya saya harus jadi Bupati kalau mau perubahan. Selogan saya Manis Mateng,” katanya, dilansir Kamis (9/5/2024).

Legewarman yang merupakan anggota DPRD Lombok Tengah dua periode mengungkapkan, hingga saat ini belum ada yang meminang partainya, PBB.

“Kalau peluang bagus saya mau pakai. Kami masih dalam tahap penjajakan. Kita belum berani buka secara resmi untuk umum. Kalau peluang itu ada, karena ada komunikasi beberapa partai sudah terbangun,” ungkapnya.

Pihaknya di PBB akan membangun koalisi dengan beberapa partai dalam menghadapi dan memenangkan Pilkada Lombok Tengah tahun ini.

“Nanti kita akan secara resmi buka di media supaya tidak salah. Bocorannya ada empat partai yang akan mengusung saya maju Pilkada Lombok Tengah,” katanya.

Menurutnya, sejumlah bakal calon bupati yang mulai muncul di media itu sedang berjuang. Ia berharap nantinya para kandidat putra terbaik Lombok Tengah yang maju pada kontestasi Pilkada ini merupakan orang-orang yang paham mengenai Lombok Tengah. Mengingat selama ini menurutnya terlalu banyak program dan kegiatan Pemda yang hanya terkesan rutinitas.

Sangat penting kemudian harus ada inovasi dan kreasi yang dilahirkan oleh pemimpin kedepan. Karena itu sangat diharapkan oleh masyarakat Gumi Tatas Tuhu Trasna.

“Saya lihat secara pribadi Lombok Tengah ini tidak ada yang jelas. Kalau sekedar membangun dengan hutang semua bisa,” kritiknya.

Dia menilai tata kelola pendapatan asli daerah (PAD) Lombok Tengah sampai saat ini masih belum jelas. Sebelumnya ia selalu membandingkan dengan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dan Loteng asetnya jauh berbeda. Tetapi menurutnua, Lotim tata kelola PAD-nya luar biasa dan menggunakan aplikasi online dan dapat diupdate lewat HP secara online.

“Kita sebagai dewan saja di Loteng sulit minta data,” tandanya.

Dia menyebut, dari target PAD Loteng sebesar Rp 315 miliar di APBD Perubahan ditambah Rp 358 miliar dan merupakan target PAD tidak pernah sampai 50 persen. Mengingat di tahun 2023 lalu hanya Rp 274 miliar.

“Kalau mau inovasi dan kreasi PAD bisa nyampe 400-500 miliar. Lotim saja sudah di angka 480 miliar,” cetusnya.

Katanya, setiap tahun diadakan musrenbang dari tingkat desa dusun, desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten. Namun menurutnya tidak ada perubahan apapun di Lombok Tengah. Ini dilihat dari masyarakat yang sering menggelar demo, kemudian baru diperhatikan oleh Pemda.

“Ketika Rp 200 miliar dengan cara berhutang, Lombok Tengah hanya capaian jalan mantab hingga 75 persen karena pengaruh hutang kemarin. Kita daerah yang jauh dari kata mandiri,” cetus Legewarman.

Kalau akhirnya maju pada kontestasi politik pada Pilkada Lombok Tengah 2024, itu karena berangkat dari keprihatinannya yang mendalam atas kondisi daerah Lombok Tengah. Dan, ditambah dengan modal dan pengalamannya sebagai wakil rakyat selama 2 periode.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker