Paralimpiade Tokyo 2020; Finis Ke-4, Jaenal Aripin Gagal Tembus Babak Final

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Indonesia di cabang olahraga para-atletik Paralimpiade Tokyo 2020, Jaenal Aripin, harus puas finis di posisi keempat pada nomor pertandingan 100 meter putra T54. Hasil tersebut membuat Jaenal dipastikan gagal lolos ke babak final.

Dalam pertarungan yang berlangsung di Olympic Stadium, Rabu, 1 September 2021, Jaenal tergabung di heat pertama dan mencatatkan waktu 14,53 detik di kelas T54.

Sementara itu, peringkat pertama ditempati oleh A Paeng Nuea (Thailand) dengan waktu 14,00 detik yang disusul V Van (Kamboja) dengan waktu 13,85 detik dan Y Hu (China) dengan waktu 14,39 detik.

Dengan hasil ini, Jaenal gagal menembus babak final nomor 100m lantaran hanya dua atlet dengan catatan waktu tertinggi di heat pertama yang berhak lolos ke babak final.

Wakil Thailand dan Kamboja berhak lolos ke babak final para-atletik nomor 100 meter putra T54 Paralimpiade Tokyo 2020. Keduanya akan bertanding di partai pamungkas pada Rabu (1/9/2021) sore WIB.

Di sisi lain, Jaenal juga mengalami nasib buruk saat bertanding di nomor 400m putra di kelas T54 akhir pekan lalu. Ia didiskualifikasi sehingga tidak bisa melaju ke babak final.

Atlet 33 tahun tersebut didiskualifikasi lantaran melakukan pelanggaran dalam memulai pertandingan, yakni melakukan start lebih awal sebelum tembakan aba-aba dibunyikan.

Pelanggarannya ini masuk ke dalam aturan World Para Athletic (WPA) 17.8 yang artinya melakukan kesalahan dalam start perlombaan.

Meski begitu, Jaenal masih memiliki kesempatan terakhir untuk meraih medali dengan tampil di nomor estafet 4x100m universal bersama Karisma Evi Tiarani, Sapto Yogo Purnomo, dan Putri Aulia pada Jumat, 3 September 2021.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker