Badai Nepartak Ancam Tokyo, Jadwal Olimpiade 2020 Terganggu

Abadikini.com, JAKARTA – Badai tropis, Nepartak yang saat ini ada di Pasifik, menuju barat laut ke Iwaki, sekitar 200 km dari Tokyo. Badai ini diperkirakan sampai ke Tokya pada Selasa (27/7/2021) Dan diperkirakan akan mengganggu beberapa jadwal Olimpiade 2020.

Badai Tropis Nepartak terpantau sudah terbentuk sejak Jumat pagi di wilayah utara Guam dan Kepulauan Mariana. Badai tersebut diprediksi terus bergerak ke arah utara sepanjang akhir pekan, sebelum nantinya berbelok ke barat menuju pulau utama Jepang.

Untungnya, badai diperkirakan akan melemah pada saat memasuki Tokyo pada Selasa. Namun, kemungkinan hujan dan angin akan mengikuti selain cuaca yang luar biasa panas di Tokyo.

Suhu Tokyo yang tengah mengalami musim panas pada Juli mencapai 35 derajat Celcius diikuti oleh kelembaban udara yang tinggi.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan 80 persen kemungkinan hujan pada hari Selasa, dengan angin yang agak kencang, menurunkan suhu tinggi hingga 27 derajat Celcius, yang tadinya diperkirakan 32 derajat Celcius.

Hujan dan angin, imbas badai kemungkinan akan mengganggu jadwal cabang olahraga air. Sebab, badai yang menuju pantai timur Jepang ini berisiko meningkatkan tingkat kotoran di Teluk Tokyo yang digunakan untuk pertandingan olahraga air.

Para peselancar telah mengantisipasi cuaca yang lebih buruk dengan tenang. Pertandingan dayung, Selasa, menjadi terganggu, dengan pertandingan dijadwalkan ulang. Acara dayung Senin telah dipindahkan ke Minggu untuk mengantisipasi badai.

“Akan ada beberapa olahraga yang terkena dampak cuaca,” kata Direktur Olahraga Tokyo Games Mikako Kotani, seperti dikutip Reuters.

“Kami sedang berdiskusi dengan federasi internasional – jika mereka mengusulkan untuk mengubah jadwal, kami akan mempertimbangkan opsi itu,”ujar Mikako

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker