Bezos Jadi Orang Pertama Terbang ke Luar Angkasa Tanpa Pilot

Abadikini.com, JAKARTA – Miliarder Jeff Bezos akan menjadi yang pertama ke luar angkasa tanpa pilot dengan pesawat New Shepard.

Bezos akan melakukan perjalanan ke suborbital dengan empat orang kru sipil lain. Perjalanan selama 11 menit itu akan mencapai batas tepi ruang angkasa menggunakan pesawat New Shepard buatan Blue Origin.

Dia akan pergi bersama saudara laki-lakinya, penerbang wanita berusia 83 tahun Wally Funk, dan seorang remaja 18 tahun Oliver Daemen. Daemen disebut membayar untuk ikut dalam penerbangan ini. Namun, ia bukanlah penumpang misterius yang memenangkan lelang US$28 juta.

Pesawat besutan Blue Origin itu dijadwalkan untuk meluncur dari situs peluncuran di Texas Barat pada hari ini, Selasa 20 Juli 2021.

Shepard baru lepas landas dari landasan peluncuran beberapa waktu lalu, seperti peluncuran roket tradisional. Dengan Virgin Galactic, pesawat luar angkasa bertenaga roket dijatuhkan dari pesawat pengangkutnya di udara.

Roketnya Bezos New Shepard, seperti penerbangan Virgin Galactic tidak akan memasuki orbit di sekitar Bumi. Tetapi pesawat itu akan membawa penumpang sejauh 100 kilometer sebelum kapsul kembali ke Bumi dengan parasut.

New Shepard dapat menampung enam penumpang setiap perjalanannya. Blue Origin sebelumnya telah membeberkan karyawan perusahaan yang ikut terbang pada penerbangan pertama.

Dikutip Reuters, seorang astronaut berpengalaman akan memberikan kehadiran yang dianggap menenangkan bagi seluruh anggota awak sipil saat New Shepard meluncur dengan kecepatan 3.540 kilometer per jam.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker