Pesona Alam dan Mitos Telaga Sarangan: Sepasang Kekasih Pantang Berkunjung

Abadikini.com – Indonesia tidak bisa dipungkiri lagi, memang dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Setiap pelosok daerah di Indonesia, menawarkan pesona keindahan masing-masing. Salah satunya kawasan Jawa Timur, yang memiliki destinasi wisata terkenal yakni Telaga Sarangan yang disebutkan berjarak hanya sekitar 16 kilometer dari Magetan.

Telaga Sarangan ini sendiri diketahui sebagai salah satu spot tujuan wisata favorit di Jawa Timur, tak hanya cantik namun juga menawarkan hawa udara yang sejuk sekitar 18-22 derajat Celcius sebab berada pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, udara sejuk yang tentunya tak bisa didapatkan di tengah-tengah kota besar seperti Jakarta misalnya.

Di sini, para pengunjung yang datang tak hanya bisa menikmati telaga yang luas tetapi juga bentangan pegunungan hijau Sidoramping di sekitar area Gunung Lawu.

Akan tetapi, seperti kebanyakan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia, ada seutas cerita legenda rakyat terkait dengan Telaga Sarangan ini. Kisah pertama ialah soal mahluk penunggu telaga ini, yang disebutkan adalah dua ekor naga yang diyakini adalah jelmaan dari dua tokoh cerita rakyat Kyai dan Nyai Pasir, atau Kyai dan Nyai Jalilung yang berubah menjadi ular naga setelah memakan sebutir telur di sebuah pancuran air, yang mana pancuran air kecil inilah yang disebutkan berubah menjadi Telaga Sarangan sebesar yang sekarang karena keberadaan dua ekor naga tersebut.

Lalu legenda lainnya yang tersebar di Telaga Sarangan, dari mulut ke mulut ialah soal mitos bahwa tempat ini seolah pantang didatangi oleh pasangan kekasih. Mengapa demikian? Dikatakan dalam mitos tersebut, pasangan kekasih berpacaran yang datang ke tempat ini disebutkan bisa gagal menapaki hubungan tingkat selanjutnya, alias dengan kata lain bisa gagal bersatu menjadi pasangan suami-istri karena tak lama setelah berkunjung ke Telaga Sarangan, hubungan asmara yang dibina bisa kandas alias putus di tengah jalan tidak jadi menikah.

Dikatakan lebih lanjut, memang ada beberapa pasangan yang memang akhirnya putus tidak jadi menikah, tidak lama setelah berkunjung ke telaga satu ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker