Maverick Vinales Menangi Race Perdana MotoGP Qatar 2021

Abadikini.com, JAKARTA – Pembalab Monster Yamaha Maverick Vinales tampil sebagai pemenang di balapan pembuka MotoGP Qaar 2021. Vinales berhasil mengungguli Johann Zarco dan Francesco Bagnaia di MotoGP Qatar.

MotoGP Qatar berlangsung di sirkuit Losail, Senin (29/3/2021) dini hari WIB. Empat pebalap Ducati sempat melesat selepas start, dipimpin Francesco Bagnaia dan disusul Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin.

Kemenangan Vinales ini sebenarnya cukup mengejutkan, karena pada awalnya Ducati diprediksi yang bakal mendominasi.

Sebanyak tiga pembalap Yamaha sebenarnya mengisi posisi kedua hingga keempat di starting grid MotoGP Qatar 2021, yaitu Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi. Akan tetapi, mereka melakukan start dengan buruk.

Kondisi tersebut lantas dimanfaatkan oleh para pembalap Ducati yang ada di belakang mereka. Johann Zarco, Jack Miller, dan Jorge Martin, langsung menyodok hingga menempati posisi kedua sampai keempat. Sedangkan pimpinan balapan adalah Francesco Bagnaia yang juga dari Ducati.

Namun, Yamaha tidak menyerah begitu saja. Sadar bahwa motor balap mereka, YZR-M1, tidak cukup baik di trek lurus, Vinales dan Quartararo mencoba menyalip para pembalap Ducati di tikungan. Hal itu pun berjalan dengan baik.

Vinales dan Quartararo secara berurutan sempat menduduki posisi ketiga dan keempat. Akan tetapi, saat balapan menyisakan 11 lap lagi, Quartararo tak bisa mempertahankan tempatnya. Ia disalip oleh Jack Miller dan Alex Rins sehingga harus mundur ke posisi keenam.

Sementara itu, Valentino Rossi justru mundur semakin jauh. Meski The Doctor memulai balapan dari posisi keempat, namun seiring berjalannya balapan ia malah disalip oleh pembalap lain. Saat
menyisakan sembilan lap, Valentino Rossi ada di urutan ke-15.

Sementara di jajaran terdepan, terjadi persaingan sengit antara Vinales dengan Bagnaia untuk memperebutkan posisi pertama. Saat tersisa delapan lap, Vinales akhirnya berhasil menyalip Bagnaia di tikungan dan mengambil alih pimpinan balapan.

Di sisi lain, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, secara perlahan tapi pasti mulai ikut meramaikan persaingan di jajaran depan, meski pada awalnya ia tertahan di tengah. Mir berhasil melewati Rins, Quartararo, hingga Bagnaia, sehingga ia menempati posisi ketiga.

Vinales sendiri pada akhirya mempertahankan posisi pertama tersebut hingga garis finis. Namun, persaingan sengit terjadi dalam perebutan posisi kedua dan ketiga. Karena, hingga memasuki tikungan terakhir pada lap terakhir, Joan Mir masih menempati posisi kedua.

Kendati demikian, saat beradu kecepatan di trek lurus, Mir justru disalip oleh dua pembalap Ducati, Johann Zarco dan Francesco Bagnaia. Pada akhirnya, Mir finis keempat. Sedangkan Valentino Rossi hanya bisa memperbaiki posisinya dengan finis ke-12.

Berikut hasil lengkap MotoGP Qatar 2021:

1. Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

2. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)

3. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)

4. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

5. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

6. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

7. Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

8. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

9. Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)

10. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)

11. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

12. Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

13. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

14. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

15. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)

16. Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)

17. Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)

18. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

19. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

DNF Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

DNF Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

DNF Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

Back to top button