Trending Topik

Kabar Gembira, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Siap Dilanjutkan Juni Nanti

Abadikini.com, JAKARTA – Konfederasi sepakbola Asia, AFC, sudah menetapkan jadwal lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni mendatang, sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023, yang dimulai pada Mei nanti. AFC juga telah memutuskan yang menjadi tuan rumah dari masing-masing grup.

Baca Juga

Seluruh pertandingan pada kualifikasi tersebut bakal digelar secara terpusat, karena saat ini mobilitas seluruh tim peserta sedang terbatas lantaran pandemi covid-19 yang masih mewabah di dunia.

Indonesia sebagai penghuni Grup G akan melanjutkan kiprah mereka pada kualifikasi, Juni mendatang, dengan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai sisa lawan Merah-Putih pada event tersebut.

Pada keterangan pers yang dirilis Jumat, 12 Maret, AFC mengumumkan bahwa Grup G akan dimainkan secara terpusat dan UEA dipercaya sebagai tuan rumah. Ini menepiskan dugaan bahwa Vietnam atau Thailand paling siap untuk jadi tuan rumah.

“Uni Emirat Arab terpilih sebagai tuan rumah Grup G, yang terdiri dari penantang asal ASEAN seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Indonesia,” kutip AFC dalam pengumuman mengenai penetapan tuan rumah untuk lanjutan kualifikasi.

Sebagai informasi, Indonesia berada di Grup G posisi buncit karena hanya bermain dan merasakan kekalahan dari lima laga yang sudah dilalui melawan UEA, Thailand, Vietnam, serta Malaysia yang sudah bertemu dua kali.

Lanjutan kualifikasi ini berpotensi menjadi debut Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia. Pasalnya, sejak Desember 2019 ia bergabung, sosok asal Korea Selatan ini belum pernah menukangi timnas Indonesia di laga internasional resmi.

Timnas Indonesia akan mengawali lanjutan kualifikasi ini dengan bertemu Thailand pada 3 Juni, dilanjutkan dengan bertemu Vietnam pada 7 Juni, dan tuan rumah UEA menjadi lawan terakhir Indonesia, dan laga itu dilaksanakan pada 11 Juni.

Jadwal di atas merupakan ketetapan AFC yang mereka umumkan pada Februari lalu. Pengubahan jadwal sudah berulang kali terjadi karena menyesuaikan kondisi dunia yang belum stabil akibat pandemi virus Covid-19.

Mimpi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2022 boleh dibilang sudah pupus, namun masih ada kesempatan untuk mengintip sedikit peluang demi tampil di Piala Asia 2023. Panggung Asia sudah lama tak dirasakan oleh timnas senior, sejak terakhir kali pada 2007 karena status tuan rumah.

Baca Juga

Back to top button