Trending Topik

Piala Menpora 2021 Bakal Digelar Maret Mendatang

Abadikini.com, JAKARTA – Turnamen Piala Menpora 2021 bakal digelar pada Maret mendatang. Turnamen ini diharapkan dapat mengangkat sepakbola tanah air yang lagi tidur akibat Covid-19.

Diketahui sepak bola Indonesia dihentikan sejak Maret tahun lalu, karena pandemi virus corona yang mulai merebak di Indonesia.

Piala Menpora direncanakan bergulir pada 15 Maret dan selesai pada April. Tapi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan adanya penundaan soal jadwal kick-off laga perdana dari turnamen ini.

“Iya benar, Piala Menpora jadi diundur dan mulai pada 21 Maret mendatang. Tetapi untuk selesainya, tetap berakhir pada 21 April 2021,” ujar direktur utama LIB, Akhmad Hadian Lukita.

LIB dan semua pihak terkait terus membuat perencanaan matang terkait pelaksanaan Piala Menpora. Klub-klub juga sempat diajak berdiskusi terkait pelaksanaan Piala Menpora.

Menurut Lukita, penundaan kick-off Piala Menpora adalah pilihan paling tepat. “Itu rancangan yang sudah didirikan matang-matang, dan telah didiskusikan oleh kami yang berada di internal,” ujarnya.

Piala Menpora akan diikuti oleh 18 klub yang seluruhnya berasal dari Liga 1. Awalnya ada informasi bahwa PSMS Medan dan Sriwijaya FC diajak untuk ikut serta, namun ternyata turnamen ini hanya untuk klub Liga 1.

Empat kota telah dibidik sebagai tuan rumah pada fase grup Piala Menpora, antara lain Bandung, Solo, Malang, dan Sleman. Keempat kota tersebut bisa saja jadi tuan rumah, tanpa keberadaan klub yang berasal dari kota tersebut.

Hingga kini klub Liga 1 belum menerima regulasi tetap soal Piala Menpora, dan rencananya hal tersebut akan diterima klub pada awal Maret. Nantinya, LIB juga mengizinkan klub menggunakan pemain tanpa kontrak di ajang ini.

Maksudnya, pemain boleh menjadikan ajang ini sebagai seleksi, pun sebaliknya dengan klub. Namun, Sudjarno selaku direktur operasional menegaskan, harus ada hak dan kewajiban yang jelas antara klub dan pemain, untuk Piala Menpora.

Beberapa klub Liga 1 sudah kembali ke lapangan untuk menjalani latihan menyambut Piala Menpora. Diawali dengan Bali United, Bhayangkara Solo FC, hingga Borneo FC yang baru saja memulai latihan pada Jumat, 26 Februari.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker