Luncurkan Produk Teknologi Kesehatan, Jokowi Optimis RI Bisa Kurangi Impor Alkes

Abadikini.com, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan produk riset, teknologi dan inovasi buatan lokal untuk menangani virus Covid-19. Jokowi optimis Indonesia dapat mengurangi ketergantungan impor alat kesehatan (alkes)dengan memproduksi sendiri.

“Kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, dari tangan tangan kita sendiri kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan,” kata Jokowi dalam Peresmian Peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 secara virtual, Rabu (20/52020).

Dengan adanya produksi dalam negeri, Jokowi optimis dapat mengurangi beban pemerintah mengimpor alat-alat kesehatan untuk menangani pandemi Corona. Sebab, Indonesia selama ini kerap mengimpor alat tes PCR Corona dari negara-negara lain.

“Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya import, sekarang ini kita bisa mandiri. Karena kita bisa produksinya sendiri,” ujar Jokowi.

Dari produk tersebut, Beberapa di antaranya ialah rapid test kit dan polymerase chain reaction (PCR) test kit yang sudah bisa diproduksi hingga 100 ribu buah.

Selain itu, ada pula emergency ventilator karya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), PT Polijaya dan PT Dharma.

“Ini tinggal diproduksi,” ujarnya.

Jokowi  juga berharap agar karya tersebut dapat diproduksi massal serta diekspor ke berbagai negara. Makanya, kerja sama dan kolaborasi antara anak bangsa harus diperkuat dengan dukungan lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri dan masyarakat.

“Dunia industri harus berani investasi dan masyarakat mulai mencintai produksi dalam negeri,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker