Jokowi Putuskan Indonesia Masuk Endemi Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo  (Jokowi) mengumumkan pemerintah sudah memutuskan Indonesia memasuki fase endemi Covid-19. Keputusan tersebut diambil usai melakukan rapat koordinasi bersama menteri terkait di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (13/6/2023). Saat ini pemerintah sedang mematangkan keputusan tersebut sebelum diumumkan secara resmi.

“Ya, (proses transisi) ini dimatangkan lah seminggu, dua minggu ini segera diumumkan karena memang sudah semuanya sudah (landai),” kata Jokowi di Kantor Pusat BPKP, hari ini Rabu (14/6/2023).

Jokowi mengatakan Indonesia sudah memenuhi sejumlah kriteria untuk masuk ke fase endemi Covid-19. Jumlah kasus Covid-19 dalam dua hari terakhir kata Jokowi hanya berada di angka 217 kasus, sementara kasus aktif sebanyak 10.200-an kasus. Sementara jumlah vaksinasi sudah berada di atas 452 juta dosis.

“Ini nanti yang akan didetailkan. Sehingga kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemi tetapi kapan diumumkan baru dimatangkan dalam seminggu atau dua minggu,” ujarnya.

Pengumuman resmi Indonesia memasuki masa endemi secara resmi akan diumumkan Jokowi.

“Inshaallah bulan ini,” kata Jokowi.

Sebelumnya pemerintah menyampaikan segera mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia. Pencabutan status pandemi tersebut merupakan tindak tindak lanjut dari keputusan WHO yang telah mencabut status darurat Covid-19. Sejumlah kebijakan seperti membebaskan penggunaan masker di lokasi publik telah diumumkan pemerintah.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker