Benahi Bandara Dewadaru, Pemerintah Siap Genjot Wisatawan Kunjungi Pulau Karimunjawa

Abadikini.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini (11/1) akan meninjau pengembangan Bandara Dewadaru di Karimunjawa, Jepara. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan mengatakan pengembangan bandara tersebut dilakukan untuk mempermudah aksesibilitas dan meningkatkan kunjungan wisata.

“Bandara ini juga akan menjadi pintu gerbang menuju pulau yang menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Borobudur, Dieng, dan Sangiran,” kata Hengki, Sabtu (11/1/2020).

Hengki menjelaskan saat ini untuk menuju ke Pulau Karimunjawa bisa diakses melalui pesawat udara dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Selain itu juga bisa diakses dengan kapal cepat atau kapal ferry dari Pelabuhan Jepara.

Hanya saja, kata Hengki, saat ini penerbangan tujuan Karimunjawa sangat terbatas. “Dari Semarang tersedia penerbangan Wings Air dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu, menggunakan pesawat ATR 72 dengan kapasitas 70 penumpang dan penerbangan charter Airfast,” jelas Hengki.

Untuk saat ini, Bandara Dewadaru memiliki landas pacu sepanjang 1.200 meter dan luas terminal hanya 220 meter persegi. Landasan pacu tersebut akan diperpanjang menjadi 1.600 meter. Akan dilakukan juga pembangunan terminal baru yang kapasitasnya lebih besar. “Ditargetkan pengembangan bandara ini selesai pada tahun 2021,” tutur Hengki.

Sumber Berita
Republika
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close