NTT Peringkat Pertama Destinasi Wisata Terbaik dan Murah Pilihan Lonely Planet

Abadikini.com, JAKARTA –  Nusa Tenggara Timur menempati peringkat pertama dalam daftar destinasi berharga terjangkau untuk wisata tahun depan versi Lonely Planet.

Seperti yang dikutip dari Kamis (24/10), panduan wisata itu menulis bahwa Nusa Tenggara Timur memiliki kawasan pesisir nan indah namun masih sepi turis dan menawarkan beragam akomodasi dengan harga terjangkau.

Keindahan alam Nusa Tenggara Timur juga disebut lebih beragam dari Bali, yang selama ini menjadi tujuan utama turis mancanegara ke Indonesia.

Bagi yang berencana ke Nusa Tenggara Timur, ketahuilah bahwa Labuan Bajo atau Taman Nasional Komodo bukan satu-satunya objek wisata yang patut didatangi.

Apalagi setelah pemerintah berencana untuk menaikkan harga tiket masuk ke Pulau Komodo, demi menekan jumlah serbuan turis dan menjaga kelestarian alamnya.

Objek wisata yang juga patut dikunjungi di Nusa Tenggara Timur ialah Pantai Nembrala, Danau Kelimutu, Pulau Alor, Air Terjun Oenesu, Danau Sano Nggoang, Kota Ruteng, Bukit Cinta, Gua Kristal Kupang, Pantai Lasiana, dan Gua Batu Cermin.

Ada banyak cara menuju Nusa Tenggara Timur. Yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih transportasi menuju ke sana ialah ketahanan fisik, waktu, dan yang paling utama soal dana.

Pertama, turis bisa naik kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Banyuwangi, lalu menyeberang dari Pelabuhan Ketapang sampai Pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Dari Bali, turis bisa menyetir sampai Pelabuhan Benoa untuk naik kapal feri ke Pelabuhan Labuan Bajo.

Sesampainya di Labuan Bajo, turis masih harus berkendara sekitar sembilan jam untuk sampai Kupang, pusat kota Nusa Tenggara Timur.

Kedua, naik bus. Dari Denpasar ada banyak bus yang memiliki rute menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai sampai Lombok.

Sampai di Lombok, bus akan mengarah ke Terminal Mandalika lalu melanjutkan perjalanan sampai Terminal Bima.

Tiba di Terminal Bima, turis masih harus melanjutkan perjalanan sampai Pelabuhan Sape untuk menyeberang sampai Labuan Bajo.

Ketiga, naik kapal. Setidaknya ada 74 pelabuhan di Nusa Tenggara Timur, namun yang berfungsi maksimal baru 14 pelabuhan.

Ada dua kapal yang melayani penyeberangan rute Bali – Labuan Bajo, yaitu KM Tilongkabila dan KM Wilis.

KM Tilongkabila berangkat dari Pelabuhan Benoa, jam 09.00 dan 14.00, dengan rute Denspasar – Mataram – Bima – Labuan Bajo.

Lalu KM Wilis berangkat dari Pelabuhan Benoa, jam 15.00 dengan rute Denpasar – Badas (Sumbawa) – Labuan Bajo. Perjalanan kapal ini jauh lebih lama, sekitar sehari semalam.

Keempat dan yang paling mudah – walau masih makan waktu dan harga tiketnya tak murah, ialah naik pesawat. Setiap pesawat dari Jakarta atau Bali pasti mendarat di Bandara Internasional El Tari di Kupang.

Penerbangan dari Jakarta tanpa transit berdurasi sekitar dua jam. Durasi penerbangan dari Bali tentu saja lebih pendek.

Selain Nusa Tenggara Timur, daftar destinasi wisata terjangkau untuk tahun depan yang disusun Lonely Planet juga memuat sembilan kawasan lain, berikut ini daftar lengkapnya:

1. Nusa Tenggara Timur
2. Budapest, Hungaria
3. Madhya Pradesh, India
4. Buffalo, New York, Amerika Serikat
5. Azerbaijan
6. Serbia
7. Tunisia
8. Cape Town, Afrika Selatan
9. Athena, Yunani
10. Zanzibar, Tanzania

Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker