Fitur AI di iPad Pro 2024 Diramal Bakal Tak Laku

Abadikini.com, JAKARTA – Apple baru saja meluncurkan iPad Pro teranyar dengan chip M4 untuk menyokong teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mumpuni. Ini merupakan upaya Apple untuk mengejar ketinggalan saat perusahaan teknologi lain sudah berlomba-lomba mengembangkan AI sejak tahun lalu.

Meluncurkan chip baru pada produk tablet tak biasa dilakukan Apple. Sebelumnya, raksasa Cupertino tersebut kerap memperkenalkan chip baru saat merilis MacBook atau PC Mac.

Peluncuran iPad Pro, iPad Air, dan chip M4 terbaru mendorong saham Apple naik 0,5%, setelah meningkat 1,8% pada pembukaan perdagangan.

Di kala saham Microsoft dan Alphabet (Google) tumbuh gila-gilaan berkat AI, Apple justru merosot 5% sepanjang tahun ini karena lesunya permintaan iPhone dan sikap perusahaan yang tampak tak bergegas menggarap AI.

Namun, Apple kini tampaknya bersemangat menancap gas. Chip AI menghadirkan Neural Processing Unit (NPU) yang lebih besar. NPU adalah bagian dari chip yang secara spesifik dirancang untuk menyokong fitur-fitur AI.

Chip buatan Apple sudah memiliki NPU sejak 2017, namun Intel dan Qualcomm juga gencar mengembangkan chip dengan kemampuan NPU yang gahar.

“Dengan performa seperti ini, neural engine dan M4 lebih perkasa dibanding NPU pada PC AI yang tersedia di pasaran saat ini,” kata VP Platform Architecture Apple, Tim Millet, dikutip dari Reuters, Rabu (8/5/2024).

Lebih spesifik, fitur-fitur AI yang dimungkinkan chip M4 belum terlalu banyak digembar-gemborkan pada seri iPad Pro. Agaknya, Apple masih menunggu acara peluncuran berikutnya pada 10 Juni mendatang melalui gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC).

Biasanya, dalam WWDC, Apple akan mengumumkan kapabilitas baru Siri dan kemampuan software yang diperbarui.

Untuk saat ini, ada beberapa fitur AI yang sudah diperkenalkan Apple. Misalnya membantu memperbesar gambar pengguna secara otomatis selama panggilan video. Namun, fitur-fitur itu dinilai belum cukup ‘wow’ untuk memamerkan AI yang layak bersaing dan memicu minat beli masyarakat.

“Apakah cukup bagi masyarakat untuk melihat [AI Apple di iPad Pro] dan membelinya? Mungkin tidak,” kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner.

Senior analis di Investing.com, Thomas Monteiro, mengatakan secara rekam jejak, iPad biasanya dimanfaatkan Apple untuk mencoba teknologi baru. Sebab risikonya lebih rendah ketimbang produk-produk andalan seperti iPhone dan Mac.

“Menurut saya tujuan utama Tim Cook dalam peluncuran iPad baru bukan untuk mengatasi masalah rendahnya penjualan. Namun, untuk menancapkan dasar dari produk-produk selanjutnya yang lebih baik dan inovatif,” ia menjelaskan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker