Melihat Keseruan Marinir Indonesia dan AS Ikut Lomba 17-an

Abadikini.com, BANYUWANGI – Memperingati HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia, prajurit korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 seru-seruan mengikuti lomba 17-an.

Ajang ini digelar di Hutan Selogiri, Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Banyuwangi, Sabtu (17/8/2019). Tak ada ketegangan disana, namun gelak tawa dan canda terjadi saat mereka mengikuti beberapa lomba.

Berbagai perlombaan yang disaksikan Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado dan Lettu USMC Clark.

Para prajurit Marinir Amerika Serikat dan Indonesia digabung dan dibagi menjadi 2 peleton. Mereka berlomba menjadi nomer satu dengan permainan balap bakiak, balap karung, memindahkan tepung estafet, memindahkan belut, memasukkan pensil ke dalam botol secara tim, dan panjat pinang.

Keseruan juga terjadi saat lomba panjat pinang. Meski kedua peleton mengerahkan tenaga dan kerja keras, namun keduanya tak bisa meraih hadiah di atas puncak pohon pinang yang dibalur minyak goreng dan sabun cuci itu. Hingga akhirnya, pohon pinang tersebut dipotong. Kontan saja, setelah roboh para prajurit berebut hadiah yang berupa minuman dan makanan ringan yang jatuh.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesa. Selain itu juga sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika serta sebagai wahana mempererat persahabatan Marinir kedua Negara.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana refreshing bagi prajurit Marinir kedua negara, setelah sekian hari melaksanakan materi latihan,” jelasnya.

Sementara itu Kapten USMC Alfarado yang juga ikut dalam lomba panjat pinang menyampaikan rasa senangnya dengan pengalaman baru yang didapatnya saat mengikuti lomba panjat pinang, karena lomba tersebut belum pernah dilakukan selama ini.

“Prajurit USMC awalnya malu-malu dalam melakukan perlombaan, tetapi setelah mengetahui cara permainannya, mereka langsung berbaur dan bekerjasama dengan Marinir Indonesia dalam mengikuti perlombaan,” ujarnya.

“Selamat ulang tahun ke-74 Republik Indonesia,” pungkasnya.

Editor
Nabila Sarah
Sumber Berita
Detik
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button