Bukan Keracunan, Dokter Sebut Peserta Aksi di MK Kena Maag

Abadikini.com, JAKARTA – Pihak Rumah Sakit (RS) Budi Kemuliaan menjelaskan kondisi perempuan peserta aksi yang sebelumnya diduga keracunan saat ikut aksi kawal sidang putusan MK, Kamis (27/6/2019). Rumah sakit memastikan penyebab peserta muntah dan pingsan karena gangguan pencernaan, dispepsia atau sejenis maag.

“Diagnosis dari kami adalah dispepsia, itu adalah semacam gangguan pencernaan. Seperti orang sakit maag-lah,” kata Direktur Pelayanan Medik dan ketua tim siaga RS Budi Kemuliaan, dr M Rifki dalam keterangannya seperti dilansir Abadikini dari laman CNNIndonesia.com, Kamis (27/6/2019).

Sebelumnya, perempuan berinisial H, dilarikan ke RS Budi Kemuliaan usai muntah dan pingsan sehabis melahap sepotong roti. Perempuan berusia 53 tahun itu dilarikan ke RS Budi Kemuliaan dengan bantuan tim relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

Rifki menjelaskan, penanganan yang dilakukan terhadap H yakni sebatas pemberian obat maag dan diinfus. Rifki menegaskan pasien sewaktu datang ke rumah sakit Budi Kemuliaan dalam keadaan sadar.

“Sekarang pasien masih di dalam (ruang perawatan),” kata Rifki.

Rifki mengonfirmasi bahwa pasien berasal dari Palembang. Menurut dia, pembuktian keracunan dapat dilakukan dengan melakukan uji coba spesimen muntahnya. Namun demikian, pasien mengaku muntah di lokasi aksi.

“Pasien mengatakan bahwa dia muntah di lapangan, kita dari Budi Kemuliaan tidak melihat sama sekali seperti itu (keracunan),” ujar Rifki.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi massa kawal sidang putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/6) diwarnai rumor peserta aksi keracunan.

Koordinator Lapangan aksi kawal putusan sengketa pilpres 2019 di Mahkamah Konsititusi (MK), Abdullah Hehamahua menyarankan agar para peserta aksi tak membeli makanan maupun minuman yang dijajakan oleh pedagang asongan maupun yang diberikan orang tak dikenal agar tak diracun.

“Kepada aksi massa kalau dikasih makanan dan minuman oleh orang tidak dikenal jangan diterima. Jangan juga membeli makanan atau minuman dari pedagang yang ada di sekitar sini,” kata Abdullah saat berorasi di atas mobil komando, Kamis (27/6).

Editor
Bobby Winata

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker