Pernyataan BW Soal Institusi Negara Harus Buktikan Kecurangan Pemilu Memalukan Dunia Advokat

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani menilai pernyataan ketua tim hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto (BW) yang meminta pengadilan ikut membuktikan kecurangan menjadi bahan tertawaan dunia advokat di seluruh dunia.

“Statement BW negara atau pengadilan MK harus membuktikan dalil yang ia kemukanan menjadi bahan tertawaan dunia advokat tidak saja di Indonesia, tapi juga dunia,” kata Arsul, Selasa (25/6/2019).

Menurut anggota DPR yang sebelumnya berprofesi sebagai pengacara ini, permintaan BW bertentangan dengan asas hukum “barangsiapa mendalilkan, maka dia harus membuktikan”.

Selain itu, selama ini tidak pernah ada lembaga peradilan yang dibenarkan bergabung dengan salah satu pihak yang berperkara dan ikut membuktikan dalil gugatannya.

“Lembaga peradilan tugasnya menilai alat bukti, bukan membuktikan dalil salah satu pihak,” ujarnya.

Sekadar diketahui dalam sidang di Mahkamah Konstitusi sebelumnya, BW sempat minta institusi negara membantu membuktikan kecurangan yang dia sampaikan.

“Yang bisa membuktikan kecurangan ini? Pemohon? jelas tidak mungkin. Hanya institusi negara yang bisa,” kata BW, Senin 24 Juni 2019 kemarin.

Editor
Bobby Winata
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button