Bupati dan Wabup Belitung Timur Hadiri Musrenbang Kecamatan

Abadikini.com, MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza dan Wakil Bupati Beltim Burhanudin menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbang) tahun anggaran 2020 yang berlangsung di Kantor Camat Manggar, Senin (4/2).

Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Beltim, Bayu Priyambodo mengatakan musrenbang dilakukan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Beltim tahun 2020 dan sebagai wadah mengsingkronkan rencana pembangunan kecamatan yang terdiri atas usulan pembangunan dari desa dengan rancangan renja OPD yang telah memuat program kegiatan 2020.

Dalam rangka mengoptimalkan kualitas RKPD 2020 bersama OPD, pihaknya telah melakukan review RPJMD, renstra OPD termasuk cascading seluruh OPD di Kabupaten Belitung Timur. Juga telah menetapkan prioritas daerah 2020 dan roadshow ke OPD untuk menetapkan bersama program kegiatan strategis yang mendukung prioritas daerah.

“Ini artinya tiap prioritas dikeroyok bersama oleh beberapa OPD sesuai urusan yang dijalankan dan dituangkan ke dalam rancangan RENJA OPD berikut PAGU indikatif program kegiatan. Jadi OPD datang ke musrenbang kecamatan tidak tangan kosong melainkan sudah berbekal PAGU program kegiatan prioritas,” ungkap Bayu.

Saat ini, tambah Bayu, input usulan desa, penyusunan rencana pembangunan kecamatan dan pembahasan usulan pembangunan oleh OPD sudah dilakukan secara online melalui e-planning sehingga jejak digital usulan pembangunan dapat ditelusuri dengan baik dan cepat.

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan musrenbang ini merupakan bentuk komitmen bersama diantara pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabel akan menimbulkan pencitraan yang ‘negatif’ terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah. Disinilah hakekat dan arti pentingnya musrenbang,” kata Bupati Yuslih.

Bupati Yuslih menjelaskan pada tahun 2020, tema pembangunan yang diangkat yakni, ”Menumbuhkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-ektor ekonomi kerakyatan,”. Adapun prioritas itu yakni:

1. Penguatan kapasitas aparatur, tata kelola pemerintahan dan kerjasama daerah.

2. Peningkatan pelayanan dasar, penanggulangan kemiskinan, jaminan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

3. Peningkatan nilai tambah ekonomi di bidang pertanian, perikanan, pariwisata, industri dan jasa produktif

4. Pengembangan infratruktur dan konektivitas mendukung geowisata

5. Peningkatan ketahanan pangan dan sumber daya air

6. Pengendalian pemanfaatan ruang dan lingkungan hidup.

Disisi lain, Bupati Yuslih mengingatkan kepada pemerintah desa untuk dapat mensingkronisasi antara prioritas pembangunan desa dengan prioritas pembangunan daerah sehingga tercipta sinergitas program pemdes dan pemda.

“Alokasi dana yang dianggarkan Pemkab Beltim untuk seluruh pemdes meningkat dari tahun ketahun. Tahun 2019 sebesar Rp 99.049.605.500,- dan tahun 2020 dipastikan naik seiring proyeksi kemampuan keuangan daerah. Saya harap, alokasi dana desa tersebut mendorong pemenuhan infratruktur perdesaan dan penguatan ekonomi masyarakat,” jelas Yuslih.(ver)

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker