Bupati Konawe Utara Ruksamin Buka Musrenbang untuk Penyusunan RPJP 2025-2045

Abadikini.com, KENDARI – Bupati Konawe Utara, Ruksamin, secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP) Kabupaten Konawe Utara tahun 2025-2045. Acara berlangsung di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (29/5/2025).

Musrenbang ini dihadiri oleh Wakil Bupati H. Abuhaera, anggota DPRD Konawe Utara, jajaran Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara, Pj Sekda Konawe Utara, serta kepala instansi vertikal dan OPD se-Kabupaten Konawe Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Ruksamin menegaskan bahwa penyusunan dokumen RPJP merupakan agenda nasional yang dilaksanakan serentak oleh seluruh daerah di Indonesia, sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri dan Kepala Bappenas Nomor 1 Tahun 2024. “Tujuan RPJP adalah menciptakan keselarasan dan sinergi antara pembangunan pusat dan daerah,” ujarnya.

Bupati Ruksamin juga memaparkan visi Kabupaten Konawe Utara tahun 2025-2045, yaitu mewujudkan Konawe Utara yang maju, sejahtera, berbudaya luhur, dan berkelanjutan. Untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan lima sasaran visi, delapan misi pembangunan, tujuh belas arah pembangunan, serta empat puluh lima indikator utama pembangunan daerah.

Bupati Ruksamin menekankan tiga hal penting dalam upaya mencapai visi tersebut:
1. Kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi permasalahan dan tantangan pembangunan daerah selama dua puluh tahun ke depan.
2. Pentingnya sinkronisasi antara pusat dan daerah dengan memperhatikan arah pembangunan nasional.
3. Transformasi pembangunan daerah untuk mewujudkan Konawe Utara yang lebih maju dalam dua dekade mendatang.

“Saya yakin dan percaya bahwa Konawe Utara akan mengambil peran penting dalam mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Ruksamin yang juga ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra.

Setelah pembukaan acara, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara para pemangku kepentingan terkait penyusunan RPJP Konawe Utara, dan diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan Musrenbang RPJP Konawe Utara.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128