Buka Musrenbang Tingkat Kota Tidore, Ali Ibrahim sebut Proses Strategis

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Tidore Kepulauan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2025-2045 yang dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kamis (18/4/2024).

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim mengatakan, Musrenbang merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi, berembuk dan melakukan tukar pikiran antar pemangku kepentingan, baik dari unsur pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat. Sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2024, tentang Pedoman Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045, telah memberikan informasi yang jelas, terkait tahapan-tahapan penyusunan dokumen RPJPD.

 “Oleh karenanya, kami menegaskan kepada seluruh perangkat daerah dan meminta dukungan stakeholder untuk memberikan fokus perhatian pada penyusunan dokumen ini, agar dapat dirampungkan sesuai tahapan dan waktu yang telah ditentukan. Mari gunakan kesempatan istimewa ini untuk mengajukan gagasan-gagasan penting, berbagi wawasan dan pengalaman, serta menumbuhkan optimisme dalam perencanaan pembangunan daerah,” tutur Ali Ibrahim.

Kepala Bapperida Kota Tidore Kepulauan, Ir. Saiful Bahri Latif dalam laporannya menyampaikan, tujuan Musrenbang RKPD ini adalah menyerap aspirasi dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan, Penyelelarasan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045 dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Tidore Kepulauan Tahun 2025-2045, serta menyepakati visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD.

“Musrenbang RPJPD ini dilaksanakan selama satu hari yaitu pada tanggal 18 April 2024, bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini diikuti oleh para Anggota DPRD Kota Tidore, Staf Ahli dan Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMD, Organisasi Masyarakat, Camat, Kepala Desa, Lurah dan kelompok kepentingan strategis lainnya,” ujar Saiful.

Upaya penguatan perencanaan dalam Musrenbang ini, Bapperida Kota Tidore Kepulauan mendaulat dua orang narasumber yang akan memaparkan materi, masing-masing; Plt Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara A. Yasin Hayatudin dan Tenaga Ahli Penyusunan RPJPD 2025-2045 Prof. Dr. Husen Alting. Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Ketua TP-PKK Kota Tidore Kepulauan, Ketua I dan Ketua III TP-PKK Kota Tidore Kepulauan, Sekretaris Daerah serta Unsur Forkopimda.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker