Berbagi Antar Sesama, Buka Puasa Bersama Warga Bina’an Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian

Abadikini.com, ROKAN HULU -‎ Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II B Pasir pengaraian, gelar acara buka puasa dengan pejabat serta warga bina’an, Senin (4/6/2018).

Kegiatan buka puasa bersama warga bina’an Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian, dimulai dengan  Pesantren Kilat Ramadhan, yang dihadiri Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Riau M. Diah, diwakili Kadiv Pemasyarakatan Lilik Sujandi, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH serta para undangan lainnya.

Tampak juga ,Kapolres Rohul AKBP M.Hasyim Risahondua S.Ik.M.Si  serta para perwira Polres Rohul, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjutak, Ketua PN Pasir Pangaraian Sarudi.SH. Pimpinan Kanca BRI Pasir Pengaraian Bhakti Agung Siswono, dan Sekretaris DPRD Rohul Budhia Kasino.

Dalam acara buka puasa tersebut, Kepala Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian Muhammad Lukman dan istri, salurkan santunan ke puluhan anak yatim dari Panti Asuhan Budi Mulia Pasir Pangaraian.

Usai kegiatan, M. Lukman menyatakan, kegiatan buka puasa bersama merupakan ajang silaturahmi antara Lapas dengan warga binaan, serta lembaga hukum seperti Polres Rohul, Kejaksaan Negeri Rohul, dan Pengadilan Negeri Pasir Pangaraian.

Lanjutnya, untuk penanganan perkara hukum umum dan khusus memerlukan sinergitas dengan lembaga terkait lainnya.

“Di Lapas sendiri ada istilah Integrated Criminal Justice System. Disana ada Polisi, Jaksa, Pengadilan dan Lapas yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,” kata M. Lukman.

Lukman berharap, bahwa buka bersama ini menjadi momentum yang berharga untuk menjalin komunikasi dan koordinasi harapnya.

“Sehingga segala permasalahan dalam hal penegakan hukum bisa terselesaikan dengan baik, sesuai dengan koridor atau aturan hukum yang ada,” katanya.

Ditempat yang sama,Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Riau, Lilik Sujandi berharap, dari ajang silaturahim dengan lintas lembaga hukum tersebut dapat membangun sinergitas dan kebersamaan seluruh petugas, baik di internal maupun dengan pihak di eksternal‎.

“Ini tentunya akan meningkatkan kinerja kita (Lapas) dengan‎ kebersamaan dan sinergi dengan masyarakat luas,” ucap Lilik.

“Kita juga harus memberikan sikap keteladanan yang baik dari petugasnya. Dan harapan kita adalah menumbuhkan toleransi‎ dan jiwa kepedulian dari petugas kepada sesama manusia, terutama terhadap warga binaan,” tambahnya (R.lubis)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker