Nahas, Bupati Subang Jagoan Golkar dan PKB Terciduk OTT KPK

Abadikini.com, JAKARTA – KPK dalam sepekan ini telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) berturut-turut terdadap dua kepala daerah, Marianus Sae Bupati Ngada yang juga Calon Gubernur Provinsi Nusa Tengara Timur. Marianus Sae berpasangan dengan Emilia J Nomleni yang di usung PDI-P dan PKB.

Kali ini KPK juga melakukan OTT terhadap Bupati Subang, Imas Aryumningsih yang juga Calon Bupati Subang. Imas Aryumningsih maju dalam kontestasi pilkada 2018 ini berpasangan dengan Sutarno yang di usung oleh partai koalisi Golkar dan PKB.

Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu dini hari tadi mengamankan delapan orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Subang, Jawa Barat. Dari delapan orang tersebut termasuk Bupati Subang Imas Aryumningsih yang berasal dari Partai Golkar.

“Dari kegiatan tadi malam, diamankan delapan orang, termasuk kepala daerah di Subang, kurir, swasta, dan unsur pegawai setempat,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Diketahui, Bupati Subang Imas Aryuminingsih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) menggantikan Bupati Subang yang sebelunya Ojang karena terkena kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Imas menggantikan Ojang dan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati pada 11 April 2016. Kini Imas ikut dijerat dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Sebelumnya, Majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung memvonis Ojang dengan hukuman 8 tahun penjara. Ojang bersalah melakukan kejahatan korupsi, suap, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Ojang juga menerima uang atau barang yang diduga sebagai gratifikasi atau suap di kantor Bupati Subang, rumah dinas, dan beberapa tempat lain pada periode 1 Oktober 2012 hingga 9 April 2016.

Di antaranya menerima Rp 6,190 miliar dari Kabid Pengadaan dan Pengembangan Pegawai BKD Heri Tantan Sumaryana, satu unit mobil jip dan uang tunai Rp 190 juta dari Plt Kadinkes Subang Elita Budiarti, Rp 1,35 miliar dari Kadisdik Subang Engkus Kusdinar dan Kabid Pendidikan Menengah dan Kejuruan Heri Sopandi.

Selain itu, Ojang juga menerima duit Rp 1,150 miliar dari mantan Kadis Bina Marga dan Pengairan Subang H Umar, serta uang tunai Rp 9,590 miliar melalui ajudannya, Rp 17,600 miliar melalui Direktur BPR Subang, dan Rp 420 juta melalui Wakil Ketua I DPRD Subang. (ak.selly)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker