PLT Bupati Rokan Hulu Sukiman Ajak Petani Karet dan Sawit Berpanen Ria

Abadikini.com, ROKAN HULU – Pelaksana tugas (PLT) Bupati Rokan Hulu Riau Sukiman  menghadiri panen raya padi di areal pertanian, saluran Inspeksi  Kaito Samo rabu (23/1/2018).

Sukiman  tiba di lokasi dengan menggunakan pakaian dinas harian (PDH) hitam putih bersama rombongan Pemkab Rokan hulu dan Porkopimda.

Pantauan awak media Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mubrizal turut mendampingi Plt.Bupati Rokan Hulu Sukiman.

Ketika masuk ke sawah, Sukiman mengganti sepatu pantofelnya dengan boots berwarna hijau setinggi lutut yang telah disediakan. Tak ketinggalan, Sukiman juga memakai topi anyaman khas petani Indonesia. Sambil membawa arit, dia pun langsung diarahkan untuk memotong tanaman padi yang sudah menguning.

Dia memilah-milih padi berjenis R 22 dan Inpari 22 yang sudah siap dipanen itu. Beberapa kali Sukiman memotong segenggaman padinya dan memasukannya ke bakul dari anyaman yang digendong para ibu-ibu yang berdiri disamping Pak Sukiman.

Setelah menjelajahi area sawah  dia diarahkan menuju mesin penggiling yang berfungsi memisahkan gabah dan tanaman padi, Perlahan-lahan tanaman padi yang dipotongnya tadi itu pun habis terlahap mesin.

Suasana Saat Panen

Dalam arahannya pak Plt Bupati mengajak ,Mari kita jaga sama-sama dan mari kita sadari bahwa Rokan hulu adalah sebuah ekosistem yang lengkap,” ujar Sukiman saat melakukan rangkaian panen raya hari ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa panen raya akan terjadi pada Januari, sebab telah diperhitungkan para petani telah menanam sejak Oktober, November dan Desember.

Januari panen puncak karena tanam Oktober, karena masa tanam Oktober dikarenakan hujan Oktober, November, Desember dan panen Januari,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara panen raya hari ini Kapolres Rokan hulu AKBP Yusuf Rahmanto,Kejari Rokan Hulu Freddy Daniel S.SH.MH,Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hulu,Rektor UPP Rokan hulu ,Camat Rambah M.Franovandi dan sejumlah Kepala Dinas ,Kakan dan Kaban Pemkab.Rokan Hulu. (ak.RL/ES)

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close