5 Gol ‘Sudden Death’ Paling Dramatis Yang Tidak Akan Terlupakan

abadikini.com-

Golden goal atau goal emas adalah peraturan dalam sepak bola dengan memberi tambahan waktu 30 menit untuk mendapatkan pemenang, yang dilakukan apabila dalam 90 menit tidak didapatkan pemenang. Peraturan ini biasa dilakukan di dalam kompetisi dengan sistem gugur.

Sejak dicanangkan secara resmi oleh FIFA pada tahun 1993, aturan golden goal sebutan untuk peraturan ‘sudden death‘ memang sudah banyak memakan “korban”.  Dari goal Oliver Bierhoff sampai David Trezeguet. Pada tahun 2003 UEFA membuat peraturan baru terkait aturan bermain. Otoritas tertinggi sepakbola Eropa tersebut menggunakan sistem baru dalam menentukan pemenang, yaitu silver goal.

Sementara  Silver Goal peraturan sepak bola yang dilakukan untuk mendapatkan pemenang dengan memainkan babak tambahan 30 menit, apabila dalam waktu normal tidak didapatkan pemenang. Peraturan ini biasa diadakan dalam pertandingan sepak bola yang menggunakan format kompetisi dengan sistem gugur.

Dalam peraturan di dalam gol perak, apabila pertandingan sepak bola dalam babak perpanjangan waktu terjadi gol oleh salah satu tim, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu di mana terjadi gol habis. Setelah babak perpanjangan waktu habis, maka tim yang dapat mencetak gol akan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Apabila dalam dua babak perpanjangan waktu tidak terjadi gol, maka pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Tapi banyak yang menarik selama periode sistem gol emas masih berlangsung, redaksi hagiasovia akan merangkum 5 goal dramatis selama memakai sistem golden goal di segala kompetisi sepak bola.

  1. . Ahn Jung Hwan
    Italia vs Korea Selatan  (Perempat Final World Cup 2002)Korea Selatan memastikan diri melangkah ke babak perempat-final Piala Dunia 2002 usai mengalahkan Italia 2-1 lewat sistem golden goal. Di pertandingan itu, sosok yang mencuri perhatian adalah penyerang Ahn-Jung Hwan. Korea lantas dinyatakan sebagai pemenang dan lolos ke putaran berikutnya sampai melaju ke semi-final sebelum langkah mereka dijegal Jerman dan akhirnya mengakhiri turnamen sebagai tim terbaik keempat. Setelah keberhasilan tersebut, Ahn, yang dianggap sebagai pahlawan di negaranya, justru mendapati dirinya didepak oleh Perugia karena dianggap sebagai perusak persepakbolaan Italia.

  2. David Trezeguet
    Italia vs Prancis (Final Euro Cup 2002)

    Prancis akhirnya berhasil meraih gelar Euro 2000 setelah pada menit ke-103 mampu mencetak gol emas. Adalah David Trezeguet yang menjadi pahlawan Les Blues setelah tendangan volinya menghantam keras jala gawang Toldo. Tak pelak kegembiraan pecah di kubu Prancis. Mereka pun menjadi tim pertama yang berhasil menyandingkan gelar Piala Dunia dengan Euro.

  3. Oliver Bierhoff
    Jerman vs Republik Cheska (Final Euro 1996)

    Yang menjadi kontroversi pada gol emas itu adalah asisten wasit asal Italia, Donato Nicoletti, menganggap gol tersebut tidak sah karena pemain depan Jerman, Stefan Kuntz terjebak dalam posisi offside. Namun keputusan Donato tak senada dengan keputusan wasit Pierluigi Pairetto yang justru mengesahkan gol Bierhoff.

  4. Ilhan Mansiz
    Senegal vs Turki (Perempat final Piala Dunia 2002)Kedua tim hanya bermain imbang 0-0 sepanjang 90 menit. Namun pada menit keempat babak pertama perpanjangan waktu, bomber Turki, Ilhan Mansiz, berhasil mencetak gol emas dan menyelesaikan pertandingan. Turki lolos ke semifinal dan mencetak sejarah, Senegal harus angkat koper dan sejarah mereka untuk lebih jauh lagi terhenti.Baca Juga :
    11 Pemain Terbaik versi Hagiasovia Sepanjang Masa
  5. Mario Jardel 
    Real Madrid vs Galatasaray (Piala Super UEFA 2000)Galatasaray berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-41 melalui tendangan penalti Mario Jardel. Namun Madrid berhasil menyamakan kedudukan melalui “sang pangeran”, Raul Gonzales, pada menit ke-79 yang juga berasal dari tendangan penalti. Pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-103, pertandingan berakhir setelah Mario Jardel berhasil mencetak golden goal untuk kemenangan Galatasaray. Sebuah kemenangan mengejutkan bagi tim raksasa Turki itu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker