PM Spanyol Cuti dari Kerja Atas Dugaan Korupsi Istrinya

Abadikini.com, JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez pada Rabu (24/4/2024) menyatakan cuti sementara dari tugasnya, menyusul penyelidikan kasus korupsi yang menjerat istrinya, Begona Gomez.

Surat kabar El Confidencial mewartakan bahwa pengadilan Spanyol memulai penyelidikan terhadap Begona Gomez atas dugaan pidana korupsi dan penyalahgunaan pengaruh yang dilaporkan serikat pekerja sayap kanan Manos Limpias.

Begona Gomez akan diperiksa terkait hubungannya dengan sejumlah perusahaan swasta yang menerima dana dan kontrak dari pemerintahan suaminya.

“Saya perlu berhenti dan merenung. Saya amat perlu menjawab apakah semuanya sepadan bagi saya untuk terus memimpin pemerintahan atau saya lepaskan saja kehormatan besar ini?” tulis Sanchez melalui unggahannya di media sosial X.

PM Spanyol itu meyakini bahwa koalisi politik sayap kanan dan ekstrem kanan, termasuk Partai Rakyat (PP) dan Partai Vox yang menjadi oposisi pemerintah di Parlemen Spanyol, berniat menjatuhkan dirinya dengan tuduhan tidak benar setelah kalah pemilu.

Sanchez berkata akan menggelar konferensi pers pada 29 April mendatang untuk mengumumkan keputusan.

Dalam pemilu legislatif Spanyol pada Juli 2023, PP pimpinan Alberto Feijoo menduduki posisi pertama dengan mendapat 137 dari 350 kursi parlemen. Meski demikian, Feijoo gagal mendapat dukungan mayoritas di parlemen untuk menjadi perdana menteri.

Raja Spanyol Felipe IV kemudian mencalonkan Sanchez untuk melanjutkan tugas sebagai perdana menteri meski Partai Pekerja Sosialis (PSOE) yang dipimpin Sanchez hanya mendapat 121 kursi.

Pada November 2023, Sanchez kembali menjadi PM Spanyol seusai berhasil mendapat suara yang cukup di parlemen untuk membentuk pemerintahan setelah sejumlah partai prokemerdekaan Catalonia bersedia mendukung Sanchez.

Namun, dukungan partai Catalonia kepadanya disertai dengan syarat bahwa Sanchez harus menggugurkan semua kasus hukum terkait upaya deklarasi kemerdekaan Catalonia yang gagal pada 2017 serta memberi amnesti kepada semua individu yang dihukum karena mendukung kemerdekaan Catalonia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker