5 Taman di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

abadikini.com, Jakarta – Taman menjadi tempat yang sangat dibutuhkan oleh kota-kota besar seperti Jakarta, ruang terbuka hijau ini mampu memanjakan pengunjung dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Selain itu beberapa taman pada saat ini terlihat semakin cantik dan fungsional dengan penataan yang baik dan beragam fashilitas umum yang memudahkan untuk melakukan beragam aktivitas.

Baca Juga

Bagi Anda atau yang sedang berada di Jakarta jangan lupa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Taman di Jakarta dijamin tidak akan nyesel.

1. Taman Menteng

Taman Mentang menjadi tempat yang cukup banyak di datangi, khususnya di akhir pekan taman ini begitu ramai oleh pengunjung. Daya tarik dari taman ini adalah bangunan berbentuk rumah kaca, yang berfungsi untuk menyambut para pengunjung.

Taman Menteng

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini di antaranya adalah bersantai, berselancar di dunia internet dengan menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis, jogging, bermain futsal, memotret dan sebagainya. Bukan hanya menawarkan spot-spot cantik yang bisa menjadi background foto, di sini juga terdapat pedagang-pedagang yang akan memanjakan perut dengan beragam makanan enak dan murah meriah.

Taman yang sudah ada sejak masa pemerintahan Bang Yos ini, dulunya bernama Viosveld atau Voetbalbond Indische Omstreken Sport dan pada masa penjajahan Belanda tersebut fungsinya bukanlah sebuah taman namun hanya berupa lapangan terbuka. Di tahun 1921 di lokasi ini berdiri Stadion Menteng yang tidak lain merupakan tempat sepak bola Persija Jakarta. Barulah pada 2006, stadion ini dibongkar dan berubah menjadi sebuah taman. Taman Menteng sendiri berada di persimpangan Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Taman Ria Rio

Menjelang sore biasanya warga Jakarta Timur, lebih suka bersantai di Taman Ria Rio. Para pengunjung dapat bersantai sembari melihat bangau-bangau putih di waduk Ria Rio atau menikmati pohon Baobab yang berada di tengah-tengah taman.

Taman Ria Rio

Pohon Baobab sendiri merupakan pohon berusia ratusan tahun dengan tinggi yang bisa mencapai 30 meter dan diameter batang 7 meter. Di bagian batang inilah yang menjadi tepat penyimpanan cadangan air. Selain indah dipandang bagian daun dan buahnya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Berkunjung ke taman Ria Rio semakin betah saja dengan adanya fasilitas Wi-Fi gratis, arena lari dan arena melingkar yang biasanya digunakan untuk pertunjukan musik. Menarik bukan? Taman Ria Rio terletak di kawasan Kayu Putih, Pulo Gadung Jakarta Timur. Taman Ria Rio sendiri dibangun pada masa pemerintahan Gubenur Joko Widodo

3. Taman Suropati

Taman Suropati menjadi salah satu taman yang sangat populer di Jakarta. Pada awalnya Taman Suropati bernama Burgemeester Bisschopplein, yang tidak lain diambil dari nama seorang Walikota Batavia pertama G.J. Bisshop yang menjabat mulai dari 1916 hingga 1920.

Taman Suropati

Umumnya taman ini sering dijadikan ajang untuk berkumpulnya komunitas-komunitas para pecinta hewan. Di taman yang lokasinya ini dekat sengan Masjid Sunda Kelapa ini, Anda dapat lebih leluasa menikmati keindahan yang ditawarkannya mengingat suasananya yang tenang dan cukup sepi.

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan secara gratis diantaranya adalah bangku panjang untuk duduk, pohon-pohon yang rindang, arena berlari dan air mancur yang berada di kedua sisi kanan. Di taman ini juga terdapat berbagai ornamen yang menyerupai tugu serta patung-patung  dari batu dan semen yang merupakan hasil karya dari pematung seluruh ASEAN.

4. Taman Ayodya

Warga Jakarta Selatan bisa jadi merasa bangga dengan keberadaan yang satu ini. Taman Ayodya seringkali menjadi tempat tujuan utama warga yang ingin bersantai dan sejenak keluar dari kepenatan kota khususnya di akhir pekan. Anda bisa memanfaatkan beragam fasilitas menarik yang bisa digunakan oleh para pengunjung taman secara gratis di antaranya adalah gazebo, bangku taman, mini amphitheatre, trek lari dan masih banyak lagi.

Taman Ayodya

Daya tarik dari Taman di Jakarta yang lahir pada tanggal 15 Maret 2009 ini adalah keberadaan sebuah kolam yang tenang, dimana di tengah-tengah kolam Anda dapat melihat tanaman teratai dan juga lampu berbentuk gurita sebagai aksen dekorasi. Tidak ketinggalan terdapat juga air mancur yang membuat tampilannya semakin cantik dan sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai ajang berfoto. Taman Ayodya berlokasi di Jl. Barito, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

5. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang merupakan taman tertua di kawasan Jakarta, dimana tahun 1984 Dinas Pertamanan melakukan renovasi pada taman ini serta menambahkan empat buah air mancur yang dipenuhi oleh bunga Teratai dan juga lapak-Iapak pemancingan.

Taman Situ Lembang

Sebelum difungsikan sebagai taman pada awalnya Taman Situ Lembang adalah sebuah waduk yang dibangun oleh Belanda di tahun 1926, kemudian pada tahun 60-an Pemerintah Kotapraja menambahkan panggung terbuka yang dulu sering digunakan Ibu Kasur untuk panggung anak-anak.  Taman Situ Lembang ini letaknya cukup dekat dengan Taman Suropati.

Itulah beberapa taman di Jakarta, bagaimana menyenangkan bukan mengisi waktu luang di Taman? Di tengah semakin padatnya wilayah Jakarta keberadaan taman bisa menjadi hiburan tersendiri untuk sekedar bersantai ataupun berkumpul bersama keluarga, terlebih Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk dapat masuk ke taman-taman ini. (svr/ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button