Pesawat Wing Air Gagal Terbang di Palu

abadikini.com, PALU – Pesawat Wings Air IW 1156 tujuan Luwuk, Sulawesi Tengah, mendarat lagi setelah sempat lepas landas dari Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait memberikan keterangan soal insiden ini dalam rilis, Sabtu (14/1/2017).

Edward menjelaskan, Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1156 tujuan Palu-Luwuk menggunakan pesawat ATR 72-500 dengan registrasi pesawat PK-WFK Return To Base (RTB) sesaat setelah take off menuju Luwuk.

Menurut Edward, pesawat yang dikomandoi Captain Djoko Sriyono take off dari Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu menuju Luwuk pukul 06.10 WIB. Pada saat take off, pilot in command mendapatkan adanya indikator yang menyala dan untuk keselamatan dan keamanan penerbangan. Karena itu, pilot memutuskan kembali ke Palu atau RTB untuk dilakukan pengecekan dan pesawat mendarat dengan baik di Palu.

“Saat ini pesawat tidak diterbangkan untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu”, kata Edward. Menurutnya, seluruh penumpang pesawat dalam keadaan selamat saat mendarat.

“IW 1156 membawa 64 penumpang dan semua penumpang dalam keadaan selamat. Sebagian penumpang telah melakukan refund, reschedule dan ada juga yang kami terbangkan dengan Batik Air dan Lion Air,” kata Edward.

Anggota Aviation Security Bandara Mutiara SIS Aljufrie, Amiruddin Madjid, mengatakan pesawat Wings Air ini mengalami gangguan mesin di sebelah kanan. Kepala Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan juga menyatakan hal yang sama.

“Ada engine problem,” ungkapnya. (asep.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker