Ini Alasanya Yusril Bersedia Damping Rachmawati Soekarno Putri Dkk

abadikini.com – JAKARTA – Pakar Hukum Tatanegara, Yusril Ihza Mahendra mendatangi Mako Brimob, Depok, Jawa Barat untuk menjenguk putri Presiden Pertama RI Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri dan aktivis Ratna Sarumpaet yang ditangkap aparat Jumat (2/12/2016). Ia mengaku sudah bertemu keduanya.

Saya sudah bertemu bu ratna sarumpaet dan bu rachmawati sukarnoputri yang ditangkap tadi pagi. Konfisi kedua beliau baik dan saya sudah ngobrol dengan kedua beliau,” tulisnya lewat akun twitter pribadinya @Yusrilihza_Mhd Jumat (2/12/2016).

Meski sudah ditangkap, hingga saat ini keduanya belum diperiksa oleh aparat. Ia menjelaskan, Rachmawati ditangkap atas dugaan makar dengan kecukupan alat bukti seperti keterangan saksi, penyitaan barang bukti dan kesesuaian alat bukti, serta terpenuhinya unsur pasal yang dipersangkakan

Meski sudah ditangkap sejak tadi pagi namun terhadap bu ratna dan bu rachma sampai saat ini blm dilakukan pemeriksaan apapun,” tulisnya.

Mantan Menteri Hukum dan Ham itu menjelaskan, pasal yang disangkakan kepada Rahmawati Soekarno Putri, Ratna Sarumpaet dkk tersebut adalah pasal makar, benar atau tidak menurut yusril tergantung alat bukti, serta harus menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah.

” Pasal yang disangkakan kepada Rahmawati Soekarno Putri, Ratna Sarumpaet dkk tersebut adalah pasal makar yakni ingin menggulingkan pemerintahan.

“Benar atau tidaknya sangkaan itu tergantung pada alat-alat bukti. Kita harus junjung tinggi asas praduga tidak bersalah,” jelasnya

Yusril menegaskan, dia bersedia mendampingi, Rahmawati Soekarno Putri, Ratna Sarumpaet dkk agar proses pemeriksaan berjalan fair,adil dan sesuai hukum acara yang berlaku.

“Saya ingin mendampingi beliau-beliau yang ditangkap itu agar proses pemeriksaan ini berjalan secara fair, adil dan sesuai hukum acara yang berlaku,” tegasnya.

Sementara untuk tokoh lain yang ikut ditangkap, Yusril mengaku belum bertemu karena penempatan untuk mereka terpisah-pisah.

Enam tokoh yng lain spt pak kivlan zen, adityawarman, sri bintang pamungkas, jamran dll saya belum bertemu. Ruangan mereka terpisah2,” tulisnya. (sl.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker