Walikota Tidore Ali Ibrahim Panen Padi Gogo Yang Tahan Terhadap Penyakit

Abadikini.com, TIDORE- Padi Gogo Varietas Inpago Unsoed 1 kini berhasil di kembangkan di Kelurahan Gurabati Kecamatan Tidore Selatan. Hal ini dilihat saat Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim, MH melakukan panen di ladang milik Kader Arahaman, Minggu (8/4) Kemarin.

Meskipun masih dalam proses percobaan dan ditanam diladang dengan luas 0,20 Hektar dengan sitem Tanpa olah Tanah (TOT) namun hasilnya sangat maksimal.

Pada kesempatan tersebut Walikota Capt. H. Ali Ibrahim mengatakan Padi ini merupakan Padi Gogo Aromatik yang toleran terhadap kekeringan, tahan terhadap penyakit blass ras 133 dan agak tahan wereng. Varietas ini sangat sesuai ditanam pada musim sadon atau musim tanam II yaitu peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan terus memberikan dorongan dan  dukungan kepada para petani untuk terus melakukan pengembangan padi gogo. “Panen hari ini, merupakan wujud nyata realisasi visi dan misi Pemerintah Daerah, sekaligus pengembangan program emas hijau di Kota Tidore Kepulauan, menuju Kota Jasa Berbasis Agro-Marine” tutur Ali Ibrahim.

Sementara Kepala Seksi Produksi dan Pemasaran bidang tanaman pangan dan holtikultura Dinas Pertanian Kota Tidore, Muhammad Taher mengatakan padi yang dipanen kali ini hasilnya tidak berbeda jauh dengan yang dikembangkan di Kelurahan Akelamo, karena padi yang dikembangkan di Kelurahan Gurabati ini masih ditanam secara biasa dan belum disentuh tehnologi.

Untuk Tahun 2018 melalui anggaran APBN, Kota Tidore Kepulauan akan memperoleh 20 Hektar untuk pengembangan padi gogo, untuk itu Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan akan mendorong beberapa Hektar khusus untuk para petani di Pulau Tidore yang mau mengembangkan Padi Gogo.

Pada kesempatan ini juga sebelum melakukan panen Padi Gogo Walikota Capt. H. Ali Ibrahim memberikan bantuan untuk pembangunan Musholah Ali Ibrahim serta bantuan bibit mangga dan di Perumahan 50 Kelurahan Gurabati.

Turut hadir Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Muhamad Yasin, Sejumlah pimpinan SKPD, Camat Tidore Selatan, Lurah Gurabati, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh pemuda serta warga masyarakat Kelurahan Gurabati. (ak/beng)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker