Ini Tips Agar Bekerja dan Belajar di Rumah Biar Hemat Kuota

Abadikini.com, JAKARTA – Sebagian perusahaan menerapkan work from home (WFH) ditambah anak sekolah juga belajar dari rumah sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Bila Anda melakukan WFH, tentu Anda akan membutuhkan koneksi internet di rumah.

Koneksi internet tersebut bisa saja melalui kabel atau tethering via ponsel. Untuk mencegah kuota internet Anda yang boros, mengutip dari okezone, Jumat, (11/9/2020) berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pakai Wi-Fi

Bagi Anda yang tengah bekerja atau belajar di rumah, ada baiknya mengandalkan Wi-Fi daripada tethering melalui ponsel ke PC atau laptop Anda. Pasalnya dengan tethering kuota data Anda akan lebih cepat terkuras.

Batasi Streaming

Godaan untuk menyetel video saat kerja dan belajar dari rumah pasti selalu ada. Layanan streaming sekarang ini sangat berlimpah, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube atau layanan video lainnya.

Sayangnya dengan menggunakan aplikasi ini kuota internet Anda akan cepat habis. Tipsnya, coba download konten favorit Anda menggunakan Wi-Fi dan simpan pada penyimpanan di smartphone. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

Hapus Aplikasi yang Banyak Konsumsi Data

Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang.

Tahan Bermain Game dan Media Sosial

Ketika belajar atau bekerja dari rumah mungkin Anda kerap kali dilanda bosan. Lantas game online dan media sosial menjadi salah satu obat untuk mengatasi bosan. Untuk itu Anda harus menahan hasrat tersebut. Anda bisa menjadwalkan diri sendiri kapan saatnya bermain game atau media sosial.

Selain itu, cara paling ampuh lainnya yakni Anda dapat menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran. Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline. Selamat mencoba ya guys.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker