Korea Utara Juara Piala Asia Wanita U-17

Abadikini.com, BALI – Korea Utara berhasil mengalahkan Jepang dengan skor tipis 1-0 pada final Piala Asia Wanita U-17 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (19/5). Kemenangan ini menghantarkan Korea Utara merebut gelar juara, sekaligus menutup kampanye sempurna mereka di turnamen tersebut.

Tim asuhan Song Sung Gwon tampil impresif sepanjang turnamen dengan mencatatkan lima kemenangan sempurna tanpa kebobolan satu gol pun. Dalam laga final, penampilan dominan mereka kembali terlihat dengan gol penentu yang dicetak oleh Jon Il Chong di babak kedua.

“Ya, itu adalah turnamen yang cukup memuaskan. Para pemain melakukannya dengan baik dan mampu menghasilkan apa yang kami latih dan kerjakan,” ujar Song. “Para pemain berdedikasi untuk meraih kemenangan dan menunjukkan kerja tim yang sangat baik.”

Song juga menambahkan bahwa meski puas dengan kemenangan, timnya masih memerlukan lebih banyak pelatihan untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian akhir. “Hari ini kami memiliki banyak peluang mencetak gol. Para pemain mencoba yang terbaik untuk mencetak gol tetapi tidak bisa menyelesaikannya, dan itu mengecewakan. Kami memerlukan lebih banyak pelatihan untuk memperbaikinya.”

Sementara itu, pelatih kepala Jepang, Sadayoshi Shirai, menerima kekalahan ini sebagai pelajaran penting menjelang Piala Dunia pada bulan Oktober. “Selamat kepada Korea Utara yang memiliki tim yang sangat bagus. Saya merasa terhormat bahwa para pemain Jepang menunjukkan semangat dan perjuangan yang besar dalam pertandingan melawan tim seperti itu,” kata Shirai.

Jepang memang kesulitan menciptakan peluang berarti di pertandingan ini, karena tekanan tinggi yang diberikan oleh Korea Utara. Shirai menekankan bahwa pertandingan ini memberikan banyak pembelajaran bagi timnya yang bertujuan untuk menjadi juara di Piala Dunia mendatang.

Korea Utara hampir memimpin pada menit kesembilan melalui tembakan So Ryu Gyong yang ditepis oleh penjaga gawang Jepang, Korin Sakata. Sakata terus dipaksa beraksi dengan serangkaian penyelamatan gemilang sepanjang babak pertama. Jepang mulai menemukan pijakan mereka dan menciptakan peluang pada menit ke-32, namun tembakan Hina Hirakawa berhasil diblok.

Gol kemenangan Korea Utara tercipta semenit setelah babak kedua dimulai. Umpan panjang Ri Ye Gyong berhasil dikejar oleh Il Son yang kemudian memberikan assist kepada Jon Il Chong untuk mencetak gol.

Jon Il Chong dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak turnamen dengan enam gol, termasuk gol tunggal di final. “Sebenarnya saya tidak menyangka bisa mencetak gol sebanyak itu. Tanpa dukungan dari rekan satu tim saya, saya tidak mungkin bisa melakukan ini. Saya berterima kasih kepada mereka,” kata Jon.

Penjaga gawang Korea Utara, Pak Ju Gyong, juga mendapatkan penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik setelah mencatatkan empat clean sheet dalam turnamen ini. “Semua pemain melakukan yang terbaik. Semuanya menunjukkan kerja sama tim yang baik dan mereka membuat tembok di depan saya yang tidak dapat ditembus oleh siapa pun,” kata Pak.

Dengan kemenangan ini, Korea Utara menegaskan dominasi mereka di tingkat Asia dan siap untuk mewakili benua tersebut di Piala Dunia U-17 yang akan datang.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker