Bayern Munich Jauhi Pesaing di Pucuk Klasemen Liga Jerman

Abadikini.com, JAKARTA – Bayern Munich menjauhi kejaran para pesaingnya di pucuk klasemen Liga Jerman, setelah menaklukkan tamunya Bochum dengan skor 3-0, pada pertandingan liga pekan ke-20 yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Sabtu (11/2/2023) malam WIB.

Kemenangan tersebut membawa Bayern kokoh di puncak klasemen dengan 43 poin, unggul tiga poin atas tim peringkat kedua Borussia Dortmund, dan empat poin atas tim peringkat ketiga Union Berlin yang belum memainkan satu pertandingan.

Sedangkan bagi Bochum, kekalahan itu membuat mereka tetap berada di posisi ke-15 dengan koleksi 19 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Bayern mengendalikan sebagian besar jalannya permainan pada babak pertama, di mana mereka memiliki peluang dari Leroy Sane, Jamal Musiala, dan Eric Maxim Choupo-Moting.

Namun tim Bavaria itu baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-41.

Diawali kesalahan antara kiper Manuel Reimann dan Saidy Janko, Thomas Mueller memaksimalkan peluang, berlari, dan melesakkan bola ke gawang Bochum untuk menjadi gol keempatnya musim ini.

Kiper Bayern Yan Sommer baru mendapat ancaman berarti pada awal babak kedua, saat tandukan pemain pengganti Kevin Stoger memaksanya untuk bekerja keras.

Setelah itu, Bayern kembali memegang kendali permainan dan mendapatkan gol keduanya pada menit ke-64 ketika Jamal Musiala mengirimkan umpan akurat kepada Kingsley Coman, yang meneruskannya dengan sepakan melewati sela-sela kaki kiper Reimann.

Pada menit ke-74, wasit memberi hadiah penalti kepada Bayern setelah Serge Gnabry dilanggar Janko di kotak penalti. Gnabry sendiri yang bertindak sebagai algojo, dan ia sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Dortmund menyodok ke peringkat kedua

Borussia Dortmund menyodok ke peringkat kedua, berkat kemenangan 2-0 di markas Werder Bremen.

Hasil itu juga menandai kemenangan beruntun kelima Dortmund di Liga Jerman. Sedangkan Bremen menelan kekalahan pertamanya setelah dua kali menang berturut-turut, untuk membuat mereka tertahan di posisi kesembilan.

Kedua gol kemenangan Dortmund tercipta setelah turun minum. Pemain pengganti Jamie Bynoe Gittens yang baru dimainkan semenit membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-67, saat ia memaksimalkan umpan terobosan Nico Schloterbeck.

Kemenangan Dortmund semakin jelas pada menit ke-85. Diawali kerja keras Raphael Guerreiro yang mampu mempertahankan penguasaan bola di sisi kiri, ia kemudian mengirimkan operan ke arah pergerakan Julian Brandt, yang mengakhirinya dengan sepakan mendatar ke sudut jauh gawang Bremen.

Sementara itu, Freiburg naik ke posisi keempat di klasemen setelah menghantam tamunya VfB Stuttgart dengan kemenangan 2-1. Freiburg kini mengoleksi 37 poin, sedangkan Stuttgart tetap berada di zona merah, posisi ke-16, dengan 16 poin.

Stuttgart membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-30, saat Chris Fuhrich mampu memaksimalkan peluang untuk mengemas gol cantik jarak jauh. Keunggulan Stuttgart bertahan sampai turun minum.

Pada menit ke-60, bek Stuttgart Dan-Axel Zagadou melanggar Michael Gregoriscth di dalam kotak terlarang yang membuat wasit menunjuk titik putih. Pemain Italia Vincenzo Grifo berhasil menjalankan tugasnya sebagai algojo dengan sempurna.

Freiburg kembali mendapat hadiah penalti pada menit ke-84. Zagadou kembali menjadi pihak yang bersalah, akibat pelanggarannya terhadap Ritsu Doan.

Eksekusi penalti kembali diambil Grifo, dan ia tidak kesulitan untuk menaklukkan kiper Fabian Bredlow untuk kedua kalinya.

Kemenangan juga menjadi milik Bayer Leverkusen yang memukul tuan rumah Hoffenheim dengan skor 3-1.

Kemenangan yang mengakhiri laju dua kekalahan beruntun Leverkusen itu membawa mereka naik ke posisi kedelapan dengan 27 poin. Sedangkan Hoffenheim tetap terpuruk di posisi ke-14 dengan 19 poin.

Gawang Hoffenheim sudah bergetar saat laga baru berusia enam menit ketika umpan silang Moussa Diaby dari sisi kiri terdefleksi sehingga mengarah ke Florian Wirtz, yang mengoperkannya kepada Robert Andrich untuk diteruskan dengan sepakan jarak jauh yang berbuah gol.

Leverkusen baru mampu menggandakan keunggulan setelah turun minum.

Pada menit ke-47, Jeremie Frimpong berlari di sisi kanan dan mengirim umpan untuk diselesaikan dengan sempurna oleh Diaby.

Pada menit ke-56, Frimpong kembali memberi assist, dan kali ini bola kirimannya diselesaikan dengan sempurna oleh Adem Hlozek untuk menjadi gol ketiga Leverkusen.

Hoffenheim mengemas satu gol pelipur lara pada menit ke-77 yang diawali kemelut di mulut gawang Lukas Hradecky.  Stanley Nsoki mampu memanfaatkan kekacauan itu untuk menjadi gol hiburan satu-satunya bagi tuan rumah.

Pada pertandingan lainnya, Lee Jae Sung mengemas dwigol untuk membantu Mainz mendulang kemenangan 3-1 atas Augsburg.

Berkat kemenangan itu, Mainz berhak naik ke posisi ke-11 dengan total koleksi 26 poin. Sedangkan kekalahan ke-11 di liga musim ini bagi Augsburg, memaksa mereka tertahan di posisi ke-13.

Gelandang Korea Selatan Lee membuka keunggulan Mainz berkat golnya pada menit ke-21. Tiga menit berselang, Karim Onisiwo menggandakan keunggulan tuan rumah saat ia sukses menyambut bola sundulan kiriman Leandro Barreiro.

Augsburg mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-28, yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Ermedin Demirovic.

Lee kemudian merestorasi keunggulan dua gol Mainz melalui golnya pada menit ke-52.

Frederik Jensen sempat mencetak satu gol balasan untuk Augsburg pada menit ke-74, tetapi tinjauan VAR memperlihatkan dirinya telah berada dalam posisi offside. (Antara)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker