Rupanya Ujian Masuk PNS di India Sangat Mengerikan

Abadikini.com, JAKARTA – Anda pernah gagal mendaftar jadi pegawai negeri sipil (PNS)? Jangan menyerah. Sesungguhnya ujian seleksi PNS di Indonesia jauh lebih ringan dibandingkan di India. Di negara ini orang harus benar-benar berjuang bertahun-tahun untuk bisa lolos.

Selama hampir tiga tahun, Gamini Singla menjauh dari teman, tidak pergi berlibur dan menghindari pertemuan dan perayaan keluarga.

Dia berhenti pergi ke restoran, pergi ke bioskop dan menjauh dari media sosial. Sebaliknya, di rumah keluarganya di dekat kota Chandigarh di India utara, dia bangun saat fajar menyingsing, mempelajari buku teks dan belajar hingga 10 jam sehari. Dia melakukan tes uji, menonton video YouTube tentang orang-orang berprestasi dan membaca koran dan buku-buku pengembangan diri.

Orang tua dan saudara laki-lakinya menjadi satu-satunya sahabatnya. “Kesendirian akan menjadi temanmu. Kesepian ini membuatmu tumbuh,” kata Singla.

Semua itu dia lakukan untuk mempersiapkan ujian pegawai negeri negara. Salah satu ujian terberat di dunia. Mungkin hanya bisa ditandingi oleh gaokao, ujian masuk perguruan tinggi nasional China, ujian Union Public Service Commission (UPSC) India menyalurkan pemuda dan pemudi setiap tahun ke dalam layanan sipil yang luas di negara itu.

Sejuta kandidat melamar untuk mengikuti ujian tiga tahap yang melelahkan setiap tahun. Kurang dari 1% lolos ke tes tertulis, tahap kedua. Pada tahun 2021, saat Singla mengikuti ujian, tingkat keberhasilannya adalah yang terendah dalam delapan tahun. Lebih dari 1.800 berhasil sampai ke wawancara. Akhirnya, 685 pria dan wanita memenuhi syarat.

Singla berada di urutan ketiga dalam ujian, bersama dengan dua wanita lainnya, yang pertama dalam sejarah ujian. Dia memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari elite IAS (layanan administrasi India), yang sebagian besar menjalankan negara melalui kolektor dari 766 distrik India, pejabat pemerintah senior, dan manajer perusahaan milik negara. Kandidat yang berhasil dapat memilih negara tempat mereka lebih suka bekerja.

“Pada hari hasil saya keluar, saya pikir beban telah terangkat. Saya pergi ke kuil dan kemudian menari,” kata atlet berusia 24 tahun itu.

Sanjay Srivastava, seorang sosiolog di School of Oriental and African Studies (SOAS) , Universitas London mengatakan di negara di mana pekerjaan swasta yang baik terbatas dan negara memiliki kehadiran yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan pegawai negeri adalah pekerjaan yang didambakan dan kuat. Pegawai pemerintah juga dilengkapi dengan serangkaian tunjangan seperti pinjaman, subsidi sewa, perjalanan dan liburan dengan tarif lunak.

Pamong praja juga merupakan daya tarik besar bagi orang-orang dari kota kecil. “Bergabung dengan sektor swasta mungkin cukup mudah, tetapi orang membutuhkan modal budaya. Di sisi lain, menjadi pegawai negeri itu sendiri adalah modal budaya,” kata Srivastava dikutip BBC Senin  30 Januari 2023.

Singla adalah lulusan teknik – seorang insinyur komputer yang juga magang di raksasa perbankan JP Morgan Chase. Dan seperti yang lainnya, dia mengarahkan pandangannya untuk menjadi seorang birokrat.

Dalam perjalanan ke kantor transportasi pemerintah setempat untuk mendapatkan surat izin mengemudi, dia melihat seorang birokrat di sana dan meminta bimbingannya. Dia saat itu baru mengerti “Perjalanannya sangat sulit. Butuh waktu lama, dan taruhannya sangat tinggi,” katanya.

Frustrasi dan Kelelahan

Kisah Singla menawarkan sekilas tentang sistem ujian brutal India. Butuh belajar tanpa henti, keterlibatan keluarga, menemukan cara untuk menghemat waktu dan menghindari gangguan dan penarikan hampir total dari dunia. “Ada saat-saat frustrasi dan kelelahan. Ini sangat melelahkan secara mental,” katanya.

Singha mengikuti apa yang tampak seperti rencana pelatihan maraton. Untuk menjaga kesehatannya dia beralih ke pola makan buah-buahan, salad, buah-buahan kering, dan bubur. Untuk memastikan tidak ada waktu yang terbuang, dia akan melompat  200-300 kali di kamarnya setelah setiap tiga jam di meja belajar alih-alih keluar untuk berolahraga.

Waktu luang perlu digunakan dengan bijak sehingga dia membaca buku-buku self-help. Dia mengikuti sejumlah tes online untuk menguji kemampuannya.

Karena salah satu ujian utama diadakan di musim dingin, dia mencoba untuk keluar dari zona nyaman dan mengalami lingkungan yang dingin dan tidak menyenangkan. Dia memilih ruang terdingin dengan sinar matahari paling sedikit untuk melakukan tets ujian. Dia mencoba tiga jaket berbeda dan memilih salah satu yang terasa paling nyaman.

“Saya pernah mendengar tentang calon yang mendiskusikan ketidakmampuan mereka untuk menulis dengan jaket kelas berat yang tidak sesuai,” kata Singla.

Perjuangan juga menjadi pengalaman bersama dengan keluarganya. Orang tua  Singla, keduanya dokter pemerintah bergabung dengan antusias. Ayahnya, katanya, membaca setidaknya tiga surat kabar setiap hari. Surat kabar merupakan 80% dari persiapan Anda untuk ujian  dan menandai berita penting untuk mempercepat pengetahuan putrinya tentang urusan terkini. Kakaknya membantu dengan memberikan soal-soal tes. Kakek neneknya hanya berdoa untuk kesuksesannya.

Mereka berjuang untuk memastikan bahwa Singla tidak terganggu. Ketika ada pekerjaan konstruksi di dua bangunan di seberang rumahnya hingga menciptakan kegaduhan dan menghalangi sinar matahari, keluarganya menghancurkan sebuah ruangan di teras mereka untuk menciptakan tempat yang lebih tenang dan lebih terang untuk belajar.

Untuk melindunginya dari kerabat yang ingin tahu dan bertanya-tanya mengapa putri mereka tidak hadir dalam acara keluarga, orang tuanya berhenti bersosialisasi dan menghindari pertemuan keluarga agar dia tidak merasa ditinggalkan atau dikucilkan.

“Mereka adalah bagian dari perjalanan saya. Mereka menempuh jalan yang sama. Ujian ini upaya keluarga,” kata Singla.

Singla berasal dari kelas menengah istimewa India yang menghadapi lebih sedikit hambatan untuk impian mereka bergabung dengan birokrasi. Namun ujian juga telah menciptakan jalur mobilitas ke atas bagi siswa dari latar belakang yang kurang mampu.

Keluarga mereka menjual tanah dan perhiasan untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah pembinaan di kota-kota besar.

Frank Rausan Pereira yang kini membuat acara terkini populer di TV pemerintah menjadi hit di kalangan calon pegawai negeri saat mengisahkan perjuangan seorang pendaftar yang berasal dari kasta rendah.

Dia mengisahkan tentang seorang pegawai negeri muda yang merupakan putra seorang pemulung. Seseorang yang membersihkan kotoran manusia dan hewan dari ember atau lubang. Itu adalah pekerjaan yang sebagian besar dilakukan oleh anggota komunitas kasta rendah  dan yang belajar di rumah, lulus ujian dan bergabung dengan layanan diplomatik asing  yang bergengsi.

“Saya mengenal calon yang telah mempersiapkan diri selama 16 tahun setelah gagal memecahkan ujian lebih dari selusin kali dalam beberapa tahun,” kata  Pereira.

Singla mengatakan menjadi pegawai negeri memberinya  kesempatan besar untuk membuat perbedaan nyata dan mempengaruhi banyak kehidupan di negara yang luas dan kompleks. Dia telah menulis sebuah buku tentang apa yang diperlukan untuk “memecahkan ujian terberat di dunia”.

Salah satu bab di buku itu membahas ‘Bagaimana membuat pengorbanan’, dan ‘Menangani tragedi di luar kendali Anda’ serta ‘Menangani tekanan dari keluarga Anda’.

Singla mengatakan bahwa dia terkadang berpikir lupa bagaimana cara bersantai. Dia kini menikmati pelatihan dan berkeliling negeri untuk mempersiapkan penugasan pertamanya di distrik-distrik. “Hidup akan menjadi sibuk,” katanya. “Dan akan menjadi sulit untuk bersantai lagi.”

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker