6 Negara Penyumbang Janda Terbanyak, No 1 Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA -Indonesia masuk dalam 6 deretan negara dengan penyumbang jumlah janda terbanyak di dunia. Diketahui, perempuan menjanda disebabkan banyak hal. Di antaranya, perceraian dan ditinggal mati sang suami. Apalagi, perempuan tentu tak menginginkan menjanda di usia muda.

Melansir Inews, Rabu (24/8/2022) PBB menyebutkan bahwa setidaknya ada 258 juta janda di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, beberapa negara menyumbang jumlah terbanyak. Negara mana saja ya? Berikut 6 negara dengan jumlah janda muda terbanyak di dunia.

6 Negara dengan Jumlah Janda Muda Terbanyak di Dunia

1. Indonesia

Siapa sangka jika Indonesia masuk ke dalam salah satu daftarnya. Tingkat perceraian di Indonesia memang cukup tinggi setiap tahunnya.

Tak heran jika di tahun 2015, sebbuah survey mencatat setidaknya ada 9,5 juta perempuan yang menjadi janda. Angka ini tidak begitu jauh dari tahun 2010, dimana saat itu ada sekitar 9,4 juta perempuan yang berstatus janda.

2. Rusia

Negara yang tengah berkonflik dengan Ukrainan ini juga memiliki jumlah janda yang tak kalah banyak. Jumlah pernikahan yang tercatat di Rusia sekitar 65,2 juta.

Pada tahun 2010, tercatata ada 7,1 juta janda yang ada di negara ini. Jumlah janda semakin meningkat dan kini total janda di Rusia mencapai 11,6 juta jiwa.

3. Amerika Serikat

Survey tahun 2010 mencatat jika Amerika Serikat memiliki 13,6 juta janda. Pada tahun 2015, populasi janda di Amerika Serikat turun menjadi 12,8 juta dari sebanyak 134,2 juta pernikahan.

4. China

Negeri Tirai Bambu merupakan salah satu negara padat penduduk yang memiliki 44,5 juta janda. Dari sekian banyak jumlah janda di China, 27,9% di antaranya adalah lansia berusia 65 tahun ke atas.

5. India

Jumlah janda di Negara India pada 2010 mencapai 42,4 juta orang. Lalu, pada tahun 2015 jumlahnya semakin melonjak, yaitu sebanyak 4 juta jiwa. Total India memiliki 46,4 juta janda.

6. Kongo

Dilansir dari The Loomba Foundation 2016, salah satu negara di Afrika Selatan yang banyak janda adalah Kongo. Negara Republik Demokratik itu tercatat 50% rakyatnya adalah wanita janda.

Demikian informasi mengenai 6 negara dengan jumlah janda muda terbanyak di dunia. Semoga bermanfaat.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker