Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu Ungkap Penyebab Bayi 28 Hari Meninggal karena Covid-19

Abadikini.com, BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, mengungkap penyebab bayi yang baru berusia 28 hari meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Bayi tersebut kata dia, meninggal dunia saat berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Yunus, Kota Bengkulu.

Menurutnya, awalnya bayi tersebut dibawa oleh sang ibu ke puskesmas pada malam hari karena bayi terus menangis dan tidak ingin menyusu dengan wajah sudah pucat.

Namun karena kondisi bayi yang sudah tak memungkinkan, kata dia, pihak puskesmas merujuk sang bayi ke rumah sakit yang lebih besar.

Atas permintaan puskesmas, bayi tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara, namun kondisi bayi malang terus menurun sehingga langsung dirujuk ke RSUD M. Yunus.

“Saat tiba di RSUD M. Yunis, kondisi bayi sesak napas sehingga dilakukan tes PCR dan positif Covid-19,” ucap Hermawan Antoni, seperti dilansir Abadikini dari Antara, Jumat (12/8/2022).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu, Oktomi Harlena, menyebutkan, sebelumnya pihak keluarga telah melakukan pemeriksaan tes usap namun hasilnya adalah negatif.

Sehingga, pihaknya tak mengetahui bayi malang tersebut terpapar Covid-19 menyimpulkan kemungkinan terpapar di RS Bhayangkara atau RSUD M. Yunus.

“Sebab saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, keluarga bayi tersebut negatif Covid-19 dan kita tidak tahu apakah dari rumah sakit atau dari mana,” ucap Oktomi Harlena.

Sebelumnya kasus bayi positif Covid-19 juga pernah terjadi di Bengkulu pada akhir Januari 2022.

Bayi tersebut lahir tak menangis, bernapas cepat, dan mengalami sesak napas sehingga pihak rumah sakit langsung mengambil tindakan dengan memasukkannya ke inkubator.

Bayi tersebut diduga mengidap pneumonia atau infeksi paru-paru akibat virus. Saat menjalani tes usap, bayi tersebut dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di ruangan isolasi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128