Kacamata VR Metaverse Kini Kian Nyata

Abadikini.com, JAKARTA – CEO Meta Mark Zuckeberg memperkenalkan prototipe kacamata yang jadi bagian dari perangkat virtual reality (VR) untuk metaverse.

Kacamata VR yang ada saat ini memiliki resolusi rendah dengan distorsi pada tampilan sehingga tidak dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Pada Senin (20/6), CEO Meta Mark Zuckerberg mendemonstrasikan kemajuan yang telah dibuat perusahaan media sosial itu sambil menunjukkan sejumlah prototipe headset yang belum selesai yang telah dibuat perusahaan di laboratoriumnya.

“Tidak akan lama lagi, kami akan membuat ini menjadi sempurna. Alih-alih hanya melihatnya di layar, Anda bisa merasakan seperti berada di sana,” kata Zuckeberg dikutip dari CNBC.

Demi penelitian dan pengembangan kacamata VR dan Augmented Reality (AR) tersebut, Meta disebut menghabiskan biaya US$10 miliar atau sekitar Rp148 triliun pada tahun ini.

Prototipe ini adalah model khusus dan dipesan lebih dulu dibanding yang sedang kami buat di lab. Jadi itu bukan produk yang siap kirim,” ucap Zuckeberg.

Dikutip dari The Verge, ada lima prototipe VR yang dipamerkan Zuckeberg untuk bisa menikmati dunia virtual di Metaverse buatannya. Prototipe VR yang sedang dibuatnya itu akan menjalani uji lebih dulu untuk melihat apakah mesin komputer itu bisa berpikir laiknya manusia atau tidak.

VR harus bisa membuat orang yang memakainya merasa apa yang dilihatnya di Metaverse adalah sesuatu yang nyata. Untuk itu, ada empat tantangan yang harus diselesaikan di prototipe-protipe VR tersebut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker