Perluas Jaringan 5G di Indonesia, Indosat Akan Bangun 800 BTS

Abadikini.com, JAKARTA – Guna memperluas jaringan 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berencana membangun 800 Base Transceiver Station (BTS) di tahun ini.

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah menargetkan pembangunan 800 BTS akan rampung akhir 2022.

“Kami mau membangun 800 BTS lagi di tahun ini, tinggal pilih tempat-tempatnya,” ujar Danny kepada wartawan, Selasa (31/5) di Jakarta.

“800 (BTS) sampai akhir tahun, mulai semester II,” sambungnya.

Dia mengatakan saat ini layanan jaringan generasi kelima dari IOH baru mencakup lima wilayah. Di antaranya Jakarta, Makassar, Solo, Surabaya dan Balikpapan.

Kini, Danny mengaku masih harus memetakan mana saja pengguna smartphone 5G yang banyak tersebar.

“Tergantung analisa demand-nya di mana. Analisa kota-kota tempat paling banyak handset 5G ada datanya di kita,” ujar dia.

Sebagai informasi pada November 2021, PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia resmi bergabung atau merger. Saat ini keduanya masih dalam tahap integrasi teknologi.

Danny memprediksi proses integrasi kedua perusahaan itu akan tuntas pada Desember 2022, kurang lebih satu tahun dari penetapan merger.

“Ini rencananya selesai satu tahun, jadi sebagian besar selesai Desember tahun ini sudah menjadi satu dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Ada sisa sedikit Maret tahun depan,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker